My Two Morning Rituals : Wake Up and Stay Productive

HEALTH

Seberapa pentingkah manfaat sarapan bagi tubuh? Saya pribadi salah satu orang yang jarang sekali “bolos” untuk sarapan pagi. Banyak sekali perubahan yang saya rasakan semenjak saya lebih mengatur pola makan di semester kedua saya kuliah sekarang dibandingkan semester pertama dulu. Jika dulunya menu wajib untuk sarapan saya adalah nasi dengan lauk pauk seadanya, dalam artian tidak mementingkan porsi serat, vitamin, protein, dan karbohidrat dengan benar, bahkan terlalu sering porsi karbohidrat saya jauh lebih besar dibandingkan nutrisi lainnya. Namun, sejak saya menteraturkan diri dan menjaga pola makan, tubuh saya semakin fit, segar, tidak mudah mengantuk di kelas, dan lebih “nangkep” dengan mata kuliah yang diberikan dosen.

Pada dasarnya, niat awal saya merubah pola makan adalah untuk menjaga kesehatan, karena keluarga saya memiliki riwayat penyakit turunan yang bukan mustahil saya bisa menjadi salah satu orang yang beresiko. Namun saya tidak menyangka efeknya berpengaruh  sangat signifikan bagi saya pribadi, dibandingkan dulu dimana saya sering sekali tidur di kelas, tidak bersemangat, mengantuk, susah berkonsentrasi, dan mudah sekali terserang demam flu. Lalu, apa saja trik-trik yang saya lakukan untuk tetap stay awake seharian dan bersemangat menjalani aktivitas?

Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

Jika dulu setelah bangun tidur saya langsung ke kamar mandi untuk berwudhu, namun sekarang saya menyempatkan diri sebelum tidur malam sebelumnya untuk mengisi air ke dalam botol minum saya sampai penuh dan saya letakan di meja samping tempat tidur, sehingga ketika keesokan harinya saya bangun tidur, saya bisa segera meminumnya sampai habis untuk menghindari munculnya malas dan menunda-nunda. Efeknya adalah saya menjadi lebih segar dan memberikan efek “bangun” seketika padahal biasanya saya masih merasa mengantuk ketika bangun tidur. Hal ini dikarenakan minum air putih di pagi hari bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas sel darah dengan mengikat oksigen lebih banyak dari air tersebut dan mengalirkannya ke otak, itulah mengapa kita akan lebih fresh setelah minum air putih.

Menu Sarapan dengan Karbohidrat Secukupnya

sumber : www.veganbandit.net
Seringkali seseorang mengabaikan sarapan pagi dengan alasan sarapan menyebabkan kantuk selama beraktivitas. Itu memang benar, namun jika kita megonsumsi menu yang mengandung karbohidrat simpleks (seperti gula dari nasi) yang terlalu banyak, hal ini menyebabkan tubuh memerlukan tenaga yang lebih besar untuk mencerna karbohidrat, sehingga tenaga anda akan terkuras lebih banyak untuk mencerna makanan dibandingkan untuk beraktivitas yang berakibat anda mudah lelah, tidak semangat, dan loyo. Saya pribadi cenderung memilih menu-menu yang mudah dan cepat untuk santapan pagi saya, hal ini salah satunya dikarenakan karena tuntutan saya yang sering kuliah jam tujuh pagi sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk memasak. Menu sarapan rutin saya adalah oatmeal yang disajikan dengan susu, selai kacang, dan pisang, bubur kacang hijau dengan madu atau sedikit gula, bubur ketan hitam dengan gula merah, dan smoothie campuran pisang dan sayuran seperti selada. Kebanyakan menu yang saya sebutkan diatas bisa dimasak sembari saya melakukan kegiatan lain seperti mandi dan mempersiapkan bahan kuliah, saya bisa meninggalkan kacang hijau atau beras merah yang sedang dimasak lalu saya bisa memakannya setelah saya siap berpakaian, membuat smoothie juga hanya dengan memblender bahan-bahan saja, tidak ada yang merepotkan. Alasan lain saya memilih membuat menu yang mudah dan cepat juga untuk menghindari rasa malas saya untuk sarapan pagi dan lebih memilih membeli makan diluar seperti nasi kuning, bubur ayam, dan lainnya.
Itu merupakan dua tips yang paling signifikan dan penting untuk menjaga produktivitas seharian. Tidak ada salahnya untuk sedikit meluangkan waktu untuk investasi kesehatan dan melancarkan aktivitas kita seharian penuh. Karena kunci dari semua makanan adalah saat kita menyantap sarapan pagi, sarapan pagi juga menghindari kita untuk ngemil berlebihan di siang hari dimana terkadang jajanan yang kita makan memiliki kandungan gula yang sangat tinggi, sehingga ujung-ujungnya kita akan tetap mengantuk dan loyo sepanjang hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.