Review Detergen Natural dan Ramah Lingkungan : Earth Choice Laundry Liquid

HEALTH

Earth Choice merupakan salah satu brand asal Australia yang fokus dalam memproduksi produk pembersih yang berbahan natural. Salah satu yang akan saya review kali ini adalah varian Laundry Liquid yang belakangan ini sering saya gunakan untuk membersihkan pakaian kotor saya. Gentle on the Environment, Tough on Dirt. Begitulah tagline dari brand ini, ramah lingkungan namun dapat membersihkan kotoran secara menyeluruh.

Earth choice merupakan salah satu brand di bawah perusahaan Natures organics yang berkomitmen dalam memproduksi produk-produk berkualitas tinggi yang tidak membahayakan tubuh manusia dan lingkungan. Bahan dasar yang digunakan dalam produk-produknya sebagian besar berasal dari tumbuh-tumbuhan yang dikombinasikan dengan komponen kimia yang aman digunakan sehari-hari. Selain itu, produk natures organics memiliki kandungan sodium yang rendah sehingga tidak merusak tanah. Mereka juga memastikan bahwa kandungan kimia aktif yang digunakan dalam produk-produknya tidak berbahaya untuk tubuh dan lingkungan, penggunaan kimia aktif ini disebabkan tidak ada alternatif pilihan natural lain yang bisa digunakan untuk menstubstitusi fungsi yang diperoleh. Mereka memproduksi produk yang eco sensitive formulations yang bebas dari fosfat, bahan pemutih, dan ammonia sehingga dapat mengurangi dampak polusi air dan penurunan habitat hewan. Surfaktan yang digunakan pun bersifat biodegradable yang dapat terurai secara alami oleh bantuan organisme hidup. Surfaktan sendiri merupakan bahan aktif yang digunakan untuk mengangkat kotoran yang ada di pakaian.

Menurut pengalaman saya semenjak menggunakan produk ini, saya biasanya merendam terlebih dahulu pakaian yang akan saya cuci di dalam air yang sebelumnya telah dicampur dengan cairan detergen ini, lalu menunggu 30 menit sampai satu jam untuk membantu mengangkat kotoran-kotoran yang ada di pakaian. Satu botolnya berisi satu liter dan bisa digunakan 14 kali pemakaian. Saya pribadi yang notabene anak kos, memilih untuk mencuci baju sendiri secara manual menggunakan tangan, dan alhamdullilah penggunaan detergen ini tidak menyebabkan iritasi pada kulit walaupun saya tidak menggunakan sarung tangan sekalipun ketika sedang mencuci baju, seperti kulit yang kasar hingga mengelupas seperti ketika saya memakai detergen yang lain. Karena saya hanya mencuci pakaian pribadi saya sehingga jumlahnya tidak terlalu banyak, saya biasanya mencuci satu minggu sekali ketika keranjang baju kotor saya sudah penuh. Dengan begitu penggunaan satu botol liquid laundry ini bisa saya gunakan kurang lebih 3 bulan, cukup hemat dengan harganya yang sekitar Rp50.200,00 bukan? Saya biasanya membeli produk ini di Supermarket Setiabudhi Bandung.

Memang busa yang dihasilkan tidak melimpah seperti detergen biasanya, namun Anda tidak perlu khawatir, kemampuannya dalam mengangkat kotoran di pakaian tidak jauh berbeda bahkan cenderung lebih baik dibandingkan detergen yang dijual di pasaran. Detergen ini menghasilkan busa yang sedikit karena tidak mengandum sodium lauryl sulfate yang merupakan salah satu bahan kimia berbahaya yang jika terus terkontaminasi kulit dan terakumulasi di dalam tubuh sampai jangka panjang, bisa menyebakan munculnya kanker di kemudian hari, bahan ini biasanya digunakan untuk menghasilkan busa melimpah di dalam produk sabun pembersih, seperti shampoo, sabun wajah, sabun badan, hingga produk pencuci piring dan detergen. Maka dari itu, tentu berbahaya sekali jika zat ini terkontaminasi langsung dengan kulit kita. Sayangnya hanya sedikit dari masayarakat yang mengerti mengenai produk-produk mana saja yang aman digunakan sehari-hari untuk tubuh dan lingkungan, bahkan banyak juga dari mereka yang apatis dengan kesehatan tubuh dan issue lingkungan yang semakin merebak belakangan ini.

pencuci pakaian bahan organik dan natural 2

Earth Choice laundry liquid provides big results at a small price.  This product contains no enzymes, phosphates or bleaches and is low in sodium, meaning the wash and rinse water is safe for grey water use.

Sumber : http://www.naturesorganics.com.au/

Produk ini juga crueltry free yang bebas dari uji tes kepada hewan-hewan. Untuk lengkapnya mengenai penjelasan crueltry free ini mungkin akan saya jelaskan di post yang berbeda tentang seberapa berbahaya uji tes keamanan produk kosmetik kepada hewan-hewan yang menjadi bahan uji coba. Selain itu bahan plastik kemasan yang digunakan dapat didaur ulang dan dapat digunakan kembali sehingga lebih ramah lingkungan tentunya.

Produk ini merupakan salah satu produk yang Grey Water and Septic Safe. Lalu apa yang dimaksud dengan grey water itu sendiri? Grey Water adalah limbah air rumahan yang tidak tercemar oleh kotoran manusia, seperti air bekas cuci baju, bekas mandi, dan bekas mencuci piring. Grey water ini dapat digunakan kembali oleh manusia untuk keperluan tertentu tanpa menimbulkan efek berbahaya, seperti untuk menyiram tanaman, mencuci mobil, dan lainnya. Kenyataannya tidak semua kandungan kimia yang ada dalam detergen mampu difiltrasi dengan baik dengan sistem grey water, maka apabila kita menggunakan produk detergen biasa yang kaya akan zat-zat berbahaya seperti enzim, alkylbenzene sulphonate (ABS), sodium, dan lainnya. Ketika air limbah yang telah disaring tersebut digunakan kembali, maka dapat membahayakan kelangsungan makhluk hidup yang terkontaminasi dengan air tersebut. Produk ini sendiri grey water safe karena ramah lingkungan dan tidak mengandung senyawa kimia berbahaya, sehingga air limbah yang dihasilkan yang telah disaring dari kotoran dapat digunakan kembali tanpa merusak benda, tumbuhan, dan tanah. Sistem grey water ini sangat berguna dalam rangka penghematan air bersih di rumah-rumah.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.