botol minum

My Tricks to Drink More Water Every Day

HEALTH

Semenjak mengidap penyakit infeksi saluran kemih dari lima tahun yang lalu, saya mulai peduli dengan kesehatan saya, saya sadar kalau dulu pola makan saya sangat tidak teratur, tidak menjaga nutrisi yang masuk ke dalam tubuh dengan benar, dan minum air putih hanya saat selesai makan saja. Hal itu lah yang membuat saya menyesal sampai sekarang karena ulah saya dulu menyebabkan saya harus mengeluarkan banyak biaya untuk pengobatan penyakit tersebut. Akhirnya beberapa tahun yang lalu saya memutuskan untuk berhenti berobat di dokter dan mulai menjalankan pola hidup sehat dengan selektif dalam memilih apa yang masuk ke dalam tubuh saya, salah satunya adalah dengan teratur minum air putih.

Namun, karena memang dari dulu saya tidak terbiasa minum air putih, itu menjadi sebuah resolusi besar untuk saya dan kadang sedikit mengeluh kalau harus bolak-balik kamar mandi setiap beberapa jam karena asupan cairan di dalam tubuh saya meningkat. Tapi lama kelamaan saya mulai terbiasa dan berpikir positif bahwa dengan rutin BAK berarti tubuh saya sedang di detoks.

Beberapa hal yang saya lakukan untuk memotivasi saya minum lebih banyak air diantaranya adalah dengan cara-cara berikut.

Buat Jadwal Minum

Hal ini sangat penting karena terkadang kita lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh kita di saat jam sibuk, alhasil tubuh menjadi tidak fit, loyo, dan sulit berkonsentrasi. Saya pribadi selalu membiasakan untuk minum sebotol air putih setiap bangun tidur seperti yang pernah saya ulas di artikel sebelumnya. Dengan teknologi yang semakin canggih seperti sekarang, kita tidak perlu merasa kesusahan dalam mengatur rutinitas kita, karena ada banyak aplikasi gratis yang bisa di install di handphone untuk mendukung perubahan ke arah positif. Saya pribadi menggunakan aplikasi Android bernama Water Drink Reminder untuk mengatur jadwal minum saya setiap hari. Kamu bisa mengatur jadwal minum di jam-jam tertentu, dan bagusnya aplikasi ini adalah kamu bisa mengatur jumlah asupan minuman harian sesuai dengan berat tubuh kamu, kamu juga bisa mengatur jumlah asupan air yang kamu minum di setiap jam yang kamu sudah tentukan sesuai dengan keinginanmu, saya sendiri mempunyai botol minum berukuran 300 ml, saya membagi jadwal minumnya menjadi 8x sehari, yaitu setelah bangun tidur, setelah makan pagi, jeda antara jam sarapan dan jam makan siang (sekitar jam 10 pagi), setelah makan siang, jeda antara makan siang dan makan malam (15.00), setelah makan  malam, dan sebelum tidur. Jadi kebutuhan minum saya tercukupi 2,1 liter dalam sehari, karena jika kita minum air langsung dalam jumlah banyak akan memberatkan kerja ginjal, akan lebih baik kita minum sedikit namun teratur di setiap waktunya.

Berikan Rasa Berbeda Pada Minuman

infused water
www.unsplash.com

Saya biasanya menambah lemon, timun, ataupun jeruk nipis ke dalam minuman saya agar rasanya tidak hambar, kadang-kadang saya juga menambahkan daun mint atau jahe untuk membuat minuman terasa lebih segar. Selain itu kandungan dari bahan-bahan tambahan tersebut juga bagus untuk kesehatan, seperti lemon yang bagus untuk detoksifikasi tubuh dari racun. Anda bisa membuat infused water di malam sebelumnya dengan mengiris beberapa slice lemon lalu menambahkannya ke dalam air putih di botol minum Anda, lalu menyimpannya di dalam kulkas. Ketika keesokan harinya, sari yang ada di dalam lemon sudah bercampur dengan air tersebut, dan Anda bisa membawa botol tersebut ke kantor atau pun kampus.

Investasi dengan Membeli Botol Minuman yang Menarik

botol minum
www.unsplash.com

Hal ini sangat berguna untuk memotivasi kita untuk minum air dari botol tersebut, itu membuat kita senang ketika meminumnya, jangan sepelekan hal ini, karena sangat worth it to try. Saya memiliki beberapa botol minum yang saya simpan di kos yang saya gunakan berganti-gantian sesuai mood saya, dan itu membuat saya lebih semangat untuk selalu membawa minuman ke dalam tas saya kemana pun saya pergi. Membawa air sendiri juga dapat mengirit budget kita agar tidak membeli air mineral botolan dari luar.

Keep Your Water Close to You

meja belajar dan kerja
www.unsplash.com

Letakkan botol minum Anda di tempat yang mudah dijangkau oleh Anda, hal ini untuk menghindari rasa malas untuk mengambil air di dapur, saya selalu memisahkan botol minum yang saya gunakan di kos dan botol minum yang saya bawa kemana-mana. Saya selalu menyediakan satu botol minum penuh di atas meja belajar saya, karena saya paling sering beraktivitas seperti mengerjakan tugas di atas meja belajar, dan tak lupa menyimpan satu botol minum di tas saya, syukurnya di kampus saya tersedia dispenser sebagai fasilitas minuman yang diberikan oleh kampus secara gratis. Jadi setiap botol minum saya habis, saya selalu mengisinya kembali. Jangan lupa untuk segera mengisi botol minummu diatas meja atau di tas setiap kali habis.

Ubah Pola Pikir

Berpikirlah positif bahwa dengan meminum banyak air itu akan sangat bermanfaat bagi tubuhmu, tak hanya itu kamu bisa mengontrol makan yang berlebihan dengan banyak minum air putih, selain itu mineral yang terkandung di dalamnya sangat bagus untuk kesehatan kulit dan rambut. Tak heran jika mereka yang sangat minim mengonsumsi air putih memiliki kulit yang kusam, kering, dan berjerawat, karena jerawat itu sendiri berasal dari racun yang terakumulasi di bawah kulit yang tidak dikeluarkan oleh tubuh.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *