minyak kelapa untuk kecantikan

My All in One Skin Care Favourite

Beauty

Produk perawatan kulit favorit saya belakangan ini adalah virgin coconut oil atau minyak kelapa murni. Selain untuk keperluan memasak, minyak kelapa juga sangat bagus digunakan sebagai produk kecantikan. Saya sendiri menggunakan Nutiva Virgin Coconut Oil sebagai  produk skin care rutin saya. Sebenarnya banyak sekali manfaat minyak kelapa murni untuk kecantikan. Namun, saya lebih sering menggunakannya untuk beberapa keperluan tertentu saja.

Face and Body Moisturizer

Saya biasanya mengoleskan minyak kelapa ini di wajah setiap pagi sebelum menggunakan sunscreen dan keseluruh tubuh setiap habis mandi. Minyak kelapa dapat membantu mencegah kulit saya dari sunburn karena paparan sinar matahari berlebihan. Jadi saya tidak perlu menggunakan moisturizer wajah dan body lotion lagi setiap harinya, cukup menggunakan minyak kelapa di seluruh tubuh. Walaupun berbentuk minyak, namun produk ini tidak menyebabkan kulit saya menjadi lengket setelah pemakaiannya dan tidak perlu effort lebih untuk meratakannya ke seluruh tubuh sampai minyak tersebut meresap. Teksturnya pun lebih cair dari minyak kelapa biasa, sehingga mudah terserap tubuh.

Stretch Mark Removal

Setiap selesai mandi dan sebelum tidur saya biasanya mengoleskan minyak kelapa di bagian tubuh saya yang memiliki stretch mark. Namun karena pemakaiannya belum rutin, saya belum melihat hasil yang signifikan, namun memang bekasnya sedikit berkurang dibandingkan dulu. Cara pemakaiannya adalah dengan mengoleskan minyak di bagian stretch mark, lalu memijatnya dengan gerakan memutar beberapa lama. Jika rutin dilakukan setiap hari, pagi dan malam, seharusnya bekasnya akan cepat tersamarkan.

Make Up Remover

Sekarang memang sedang sangat booming produk-produk lip matte di pasaran dari berbagai merk. Karena teksturnya yang matte, maka sulit sekali membersihkannya dari bibir secara menyeluruh. Namun, saya mengakalinya dengan menggunakan minyak kelapa yang ditaruh di atas kapas, lalu mengusapnya lembut di area bibir hingga produk terangkat secara keseluruhan. Tak hanya untuk lipstik bertekstur matte, minyak kelapa juga sangat membantu untuk mengangkat waterproof mascara hanya dalam beberapa kali usapan saja.

Deodorant

Saya pribadi tidak pernah lagi menggunakan deodorant biasa yang mudah ditemui di pasaran, baik itu berbentuk roll on atau spray. Karena setelah saya membaca berbagai artikel, deodorat yang beredar di pasaran kebanyakan mengandung salah satu bahan kimia berbahaya, yaitu Aluminium Chloride. Aluminium sering digunakan sebagai antiperspiran yang memblokir keluarnya keringat dari kulit, padahal sudah sewajarnya kulit memproduksi keringat untuk mengeluarkan racun dari tubuh. Aluminium ini sangat mudah sekali terserap tubuh dan dapat mengacaukan hormon estrogen yang merupakan penyebab timbulnya kanker payudara.

Saat itu, saya berencana untuk membeli produk deodorant berbahan natural ataupun organik yang bebas dari kandungan Aluminium Chloride. Namun, karena harganya terlalu mahal untuk kantong saya, saya akhirnya mengurungkan niat untuk membelinya. Sempat beberapa lama saya tidak menggunakan deodoran atau produk apapun di kulit ketiak saya, namun saya pribadi merasa risih jika muncul bau tidak sedap setiap selesai beraktivitas. Akhirnya saya pun browsing di google dan mencari tau bahan alami apa saja yang bisa dijadikan alternatif pilihan pengganti deodoran. Kebanyakan sumber menjelaskan bahwa minyak kelapa murni mengandung antibacterial yang dapat menghambat tumbuhnya bakteri di sekitar ketiak sehingga tidak menyebabkan bau tidak sedap. Semenjak saat itu, setiap selesai mandi saya rutin menggunakan minyak kelapa di ketiak saya, memang minyak kelapa tersebut tidak memblokir keringat saya, namun setidaknya keringat saya menjadi tidak berbau dan saya pribadi tidak terlalu bermasalah dengan hal itu, karena wajar sekali tubuh mengeluarkan cairan untuk mendetoks tubuh dari racun.

Hair Care

Saya biasanya menggunakan minyak kelapa setiap sebelum dan setelah keramas. Saya mengoleskan minyak kelapa secukupnya beberapa jam sebelum keramas untuk mencegah hilangnya kelembaban rambut saat keramas yang menyebabkan rambut menjadi kering, lalu setelah keramas, saya mengoleskan lagi di seluruh bagian rambut secara tipis untuk menghindari rambut bercabang dan sulit diatur. Hasilnya rambut saya tidak mengembang, mudah diatur, dan ternutrisi dengan baik.

nutiva virgin coconut oil

Nutiva virgin coconut oil terbuat dari kelapa segar organik dan tidak mengalami rekayasa genetik (non-GMO), sehingga tidak mengacaukan hormon tubuh. Pengolahannya juga menggunakan cold –pressed  and unrefined system dimana proses pembuatannya tanpa menggunakan panas sedikitpun dan tanpa melewati tahap penyaringan, sehingga kandungan alami dari kelapa tidak rusak dan menghasilkan kelapa murni yang masih memiliki manfaat yang utuh.

Saya membeli produk ini di salah satu online shop langganan saya, charisse, dengan harga 360.000 untuk 858 ml. Saya sudah menggunakannya dari bulan januari lalu namun produknya bahkan belum habis setengahnya. Saya kira dengan harga tersebut, cukup terjangkau untuk mengcover banyak kebutuhan kecantikan dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Bahkan saya pribadi tidak merasa kecewa sama sekali dengan produk ini. It is really worth to buy!

3 thoughts on “My All in One Skin Care Favourite”

  1. hi Putri.. aku baca blog km dan sangat terinspirasi tentang hidup sehat.. btw, aku tertarik untuk beli Nutiva Virgin Coconut Oil ini, boleh sharing aku bs beli dmn? thank you.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.