semester ketiga sbm itb

What I Learned During My Third Semester in SBM ITB

Personal

Wah uda lama banget saya vakum bahas kegiatan perkuliahan per semester di SBM. Tahun ini saya uda resolusiin sih pembahasan tentang persemesteran di SBM ITB bisa dirampungkan secepatnya, karena insya Allah ini tahun terakhir saya di SBM ITB.

Jadi semester ketiga di SBM ITB itu sama dengan semester pendek, di saat mahasiswa jurusan lain libur, SBM masih tetep kuliah, ngambil 10 sks, dan kuliah selama kurang lebih satu setengah bulan, yang biasanya bertepatan dengan bulan puasa. hehe. Apa aja matkul yang dipelajari semester ini? yuk kita bahas lebih lanjut.

Financial Accounting

Mata kuliah ini agak berat sih ya, tapi seru kok. Financial Accounting ini belajar tentang dasar pencatatan keuangan, arus keluar dan masuk dan membaca laporan keuangan yang sederhana (kata dosennya, padahal mah puyeng juga ya. :D).

Tapi itu emang tergolong sederhana sih dibandingkan laporan keuangan di perusahaan yang asli, bakal lebih kompleks. Disini emang kita belajar mana yang dimaksud arus keluar dan mana yang masuk, kelihatannya simple ya, tapi susah sih, soalnya kita harus tau banyak nama akun-akun dalam akuntansi, kalau salah bisa berabe. Anak SMA mungkin cukup tau sampai sini aja ya, ntar makin pusing karena belum paham dasarnya. hehe

Psychology and Organizational Behavior

Kalau matkul ini kita banyak belajar tentang psychology ya, yang diimplementasikan ke organisasi atau perusahaan. Salah satu aplikasinya kepake saat kita menentukan bagaimana treatment yang cocok diberikan kepada karyawan dengan berbagai ragam karakteristik. Serta bagaimana cara kita membentuk karakter karyawan agar sesuai dengan visi misi organisasi.

Logic and Critical Thinking

Nah, pada matkul ini, seperti namanya, memang ngasah logika dan diajari berpikir secara kritis. Nah ini berguna dalam menyelesaikan masalah perusahaan serta menganalisa kondisi untuk bisa membuat keputusan yang paling tepat. Awal-awal emang kita kayak belajar tentang materi TPA SBMPTN, trus levelnya naik per tahap, yang emang sedikit demi sedikit mengajak kita untuk berpikir dengan cara yang benar.

Semester pendek emang cuma ngambil 3 matkul sih. Biasanya ada satu matkul yang berat dan dua yang agak selo. Nah untuk semester 3 ini matkul yang emang agak berat adalah Financial Accounting, namun walaupun selo bukan berarti gak ada tugas loh ya. Tetep aja bejibun, tiap masuk kelas tutorial pasti ada aja latihan yang harus dikerjain atau tugas yang harus dibawa pulang. hehe. Segitu dulu sharing kali ini ya, semoga sedikit menggambarkan bagaiman kondisi semester tiga di SBM ITB. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *