Gedung SBM ITB
College Life, Personal

Masa Adaptasi Semester Pertama Kuliah di SBM ITB

Kali ini aku akan mencoba membahas mengenai mata kuliah apa saja yang ada di SBM ITB di setiap semesternya, tapi karena statusku yang masih MABA, pada postingan kali ini aku cuma akan membahas tentang matkul apa saja yang ada di semester pertama, untuk kelanjutannya akan aku post seiring dengan pergantian semesterku di SBM. Tujuan post ini adalah untuk memberikan informasi kepada pelajar/siswa yang sedang galau dan sedang mencari tau secara detail mengenai SBM ITB untuk menghindari kesalahpahaman kalian jika kalian telah kuliah di SBM, karena nayatanya tidak sedikit mahasiswa tahun pertama SBM yang mengatakan bahwa matkul-matkul yang dibebankan kepada mereka sangat jauh dari ekspektasi awal mereka sebelum masuk ke SBM.
Tentu ada faktor dong kenapa hal itu terjadi?
Perlu digarisbawahi bahwa SBM merupakan salah satu sekolah bisnis di indonesia yang menekankan mahasiswanya untuk berani membuka usaha atau bisnis dari awal, karena pada dasarnya segala kondisi, lingkungan, dan proses belajar mengajar yang terjadi di dalam kampus diciptakan untuk mendukung mahasiswa untuk memiliki jiwa seorang Entepreneur, kamu bisa mengunjungi official website SBM untuk mengetahui visi dan misi SBM ITB, sehingga kamu bisa mengetahui bagaimana korelasinya dengan proses belajar mengajar disana nantinya.
 
Membangun sebuah usaha/bisnis nyatanya bukan hanya tentang teori saja, keberanian dan praktek nyata di lapangan merupakan faktor utama yang menentukan apakah suatu ide bisnis yang telah dirancang bisa terealisasikan atau tidak, dan SBM menjawab semuanya. Pada tahun pertama, kamu akan dihadapkan dengan berbagai mata kuliah yang bisa kamu anggap “tidak wajar” untuk kategori sekolah bisnis, disaat jurusan bisnis di universitas lain mempelajari tentang marketing, finance, dan lainnya. Kamu akan menemukan mata kuliah yang menuntut kamu untuk menari, menyanyi, acting, dan lainnya.
Sebenarnya, apa tujuan mata kuliah ini di berikan kepada para mahasiswa? Mari saya ulas langsung per point nya.

Seni Pentas dan Penampilan (Performance Art)

     Inilah mata kuliah yang sudah saya kenalkan di awal tadi, seperti nama mata kuliahnya, disini kalian dituntut untuk menari, menyanyi dan memerankan peran tertentu, intinya adalah bagaimana mahasiswa bisa menampilkan kemampuan yang sudah diasah sebelumnya di atas panggung atau di depan khalayak ramai. Apa tujuannya? Disinilah sebenarnya pembelajaran paling penting dari semester pertama di SBM ITB, kalian belajar bagaimana caranya tampil di depan orang, meningkatkan kepercayaan diri, mampu menguasai bahasa dan gesture tubuh dengan baik, serta belajar untuk bekerja sama dengan orang lain karena kebanyakan tugas di matkul ini berupa tugas kelompok, intinya adalah kalian akan mengasah soft skill kalian di mata kuliah ini, sehingga tidak sedikit mahasiswa yang awalnya pemalu dan tidak berani muncul di depan orang-orang pada akhirnya mereka mulai menampakkan diri dan berinteraksi dengan orang lain, dealing with people is a purpose of this course. Pada praktek di dunia kerja nantinya, tentunya praktek di lapangan nanti tidak hanya tentang bagaimana cara kalian mendapatkan ide yang bagus untuk pengembangan bisnis atau proyek yang sedang digeluti, tapi tanpa keberanian untuk memaparkan ide tersebut di depan orang lain, tentunya maksud dan ide kalian tidak akan tersampaikan dengan baik, terlebih lagi nantinya kalian akan menghadapi berbagai macam karakter client yang akan bekerja sama dengan kalian, tutur bahasa dan gesture tubuh nyatanya akan berpengaruh kepada bagaimana kepercayaan orang lain terhadap kita. Penilaian akhir mata kuliah ini untuk setiap individu berasal dari tugas-tugas pribadi yang diberikan  dan akumulasi nilai kelompok dari setiap penampilan.

Introduction to Business (Pengenalan Bisnis)

Pada matkul ini, kalian akan mempelajari tentang dasar seluk-beluk tentang bisnis hingga pada akhir semester nantinya mahasiswa dihadapkan kepada satu proyek besar untuk membangun sebuah bisnis real dari inovasi baru yang belum ada sebelumnya. Mahasiswa akan diberi waktu selama sebulan untuk membuat rancangan bisnisnya hingga pada hari-H mereka akan berjualan di lokasi-lokasi yang sudah ditetapkan SBM. Mahasiswa akan dibagi menjadi dua kelompok dalam satu kelas yang masing-masing kelompok berjumlah 20 orang, masing-masing kelompok akan menyusun ide bisnis yang akan dibuat, seperti marketing, finance, operation, dan human resource, pembagian tugas ini murni berdasarkan minat setiap mahasiswa, jika kamu berminat di bidang pemasaran, kamu dapat mulai belajar mengenai marketing di simulasi bisnis ini. Tentunya teorinya akan kalian pelajari terlebih dahulu saat pertemuan di awal semester. Kalian tidak perlu mengkhawatirkan tentang modal, karena modal sendiri ditanggung oleh SBM dalam bentuk pinjaman sebesar 2,4 juta, pada akhirnya nanti tim tersebut harus mengembalikannya kembali kepada SBM. Namun keuntungan yang diperoleh 100% menjadi milik tim. Disinilah kalian akan belajar bekerja sama dengan orang lain, karena pada prakteknya mencari partner bisnis yang sesuai dengan visi misi kita adalah hal yang cukup sulit untuk dilakukan, bukan hal yang mustahil pada prosesnya nanti kalian akan menghadapi kendala-kendala yang berhubungan dengan bagaimana cara bekerja sama dengan orang lain, karena karakter setiap orang berbeda-beda, disinilah komunikasi dan saling menerima kritik dan saran sangat diperlukan antar tim agar bisnis yang sedang dibangun tetap berjalan. Penilaian akhir untuk setiap individu berasal dari tugas-tugas pribadi yang diberikan pada awal semester, akumulasi nilai kelompok yang didapat dari kinerja tim, progress bisnis setiap minggu, hingga realisasi pada hari H, serta dari pair evaluation dimana kamu akan menilai kinerja temanmu selama masa mengembangkan bisnis tersebut, jadi bagi kamu yang tidak berkontribusi atau bermalas-malasan di dalam grup tentu teman-temanmu akan memberikan skor yang rendah kepada kamu. kamu tidak perlu merasa tercurangi atau takut jika ada temanmu yang ingin menjatuhkan nilaimu, karena apabila seorang mahasiswa mendapatkan nilai yang terlampau rendah dari teman-temannya, nilai tersebut tidak serta merta diterima, para dosen akan menindaklanjuti dengan memanggil anggota tim tersebut untuk mengklarifikasi.

Pengantar Rekayasa dan Desain I

Matkul ini merupakan kolaborasi antara bidang keilmuan SBM, SAPPK, dan FSRD. Lalu apakah korelasi atau keterkaitan antar ketiganya sehingga setiap mahasiswa dari fakultas tersebut harus mempelajari dasar keilmuan dari masing-masing fakultas yang disebutkan? Pada dasarnya mahasiswa SAPPK mempelajari bagaimana cara merancang sebuah planning kedepan dengan melihat problem yang ada di masyarakat untuk diselesaikan, sebuah bisnis bukan hanya tentang bagaimana cara mendapatkan profit setinggi-tingginya, namun juga bagaimana mereka mampu untuk menjadi problem solver bagi msayarakat dengan menjawab permasalahan-permasalahan yang ada dengan ide kreatif yang diciptakan, selanjutnya setelah ide tersebut terbentuk, mahasiswa SBM akan merealisasikannya dalam bentuk planning jangka panjang dalam bentuk bisnis, nantinya setelah produk yang diciptakan selesai, mahasiswa dari FSRD akan memoles produk tersebut agar terlihat lebih menarik dari segi tampilan luar maupun pengiklanannya, sehingga konsumen akan tertarik untuk membeli produk tersebut. Itulah hubungan-hubungan yang terjalin antar rumpun ilmu pengetahun tersebut yang tidak saling terlepas satu sama lain.
notebook
www.unsplash.com

Matematika Bisnis I

Ini adalah satu-satunya matkul “hitung-hitungan” yang ada di semester pertama SBM, disini kalian akan mempelajari tentang dasar-dasar kalkulus yang mendukung spesialisasi bidang yang akan kalian ambil nantinya, baik itu finance, marketing, dll. Matkul ini merupakan matkul langganan dimana banyak mahasiswa yang terancam mengulang di semester berikutnya, jadi kalian sangat dituntut untuk bisa membagi waktu dengan baik disini, karena banyak kasus terjadi dimana mahasiswa tidak memiliki time management yang baik sehingga mereka tidak bisa menyetarakan semua mata kuliah secara bersamaan, biasanya mahasiswa akan terkecoh oleh mata kuliah performance art yang menuntut jam latihan dan perhatian yang tinggi sehingga terancam di matkul lain, khususnya matematika bisnis, padahal semua mata kuliah sama-sama penting.

Pengenalan Teknologi Informasi

Mata kuliah ini terbagi dalam dua metode belajar, pertama pembekalan tentang teori di dalam auditorium dan praktikum di laboratorium komputer dimana kalian akan menghadapi Open Office.org. kalian tidak akan belajar coding disini karena memang mahasiswa bisnis tidak dituntut untuk memiliki kemampuan di bidang itu, namun kalian akan mempelajari bagaimana cara mengolah dan menyajikan data melalui open office. Tujuan lain dari mata kuliah ini adalah agar mahasiswa peka terhadap perkembangan teknologi di masa depan dan mampu mengadaptasikannya dalam bentuk bisnis dengan ide baru.

Bahasa Inggris

Pada dasarnya bahasa inggris merupakan salah satu mata kuliah umum dimana setiap fakultas di ITB akan menghadapi mata kuliah ini di tahun pertamanya, mahasiswa akan terbagi menjadi kelas writing, presentation, dan reading yang dikelompokkan berdasarkan tes sebelumnya, namun untuk keseluruhan mahasiswa SBM sendiri diwajibkan untuk mempelajari tentang writing karena sesuai dengan tuntutan skripsi mereka yang diwajibkan dalam bahasa inggris, disinilah kalian akan belajar bagaimana cara menulis bahasa inggris secara ilmiah.

Olah raga

Tentu kalian sudah bisa menebak apa yang dipelajari di mata kuliah ini. Mahasiswa SBM sendiri akan dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan minat olahraga mereka di awal semester, seperti sepak bola, hand ball, dan fitness. Namun tetap saja sumber nilai utama dari mata kuliah ini adalah dari kemampuan mahasiswa dalam berlari mengelilingi saraga (sarana olahraga ganesha) sebanyak enam putaran dalam waktu yang dikelompokkan berdasarkan tingkat nilai paling tinggi ke rendah.
 
Itulah ulasan singkat mengenai perkuliahan SBM di semester pertama, kalian akan dihadapkan pada berbagai tugas kelompok yang lebih dominan dibandingkan tugas individual, karena sekali lagi SBM mendidik mahasiswa untuk mulai terbiasa menghadapi orang lain, mampu beradaptasi, saling bekerja sama, dan mengembangkan soft skill mereka. Selamat menentukan pilihan adik-adik.

 Silahkan share ke teman-temanmu atau sosial media yang kalian punya jika menurut kalian tulisan ini bermanfaat. Terima kasih. 🙂

16 Comments

  1. Avrantsa Alna

    Halo kaa,saya juga adik kelas kaka di sbm itb…
    Oiya ka,kalo boleh tau kaka belajar matbisnya gimana ya?soalnya saya bingung gitu kaa..terimakasihh

    1. putrinuzulil

      yang penting setiap tugas tutorial mingguan dikerjain..jgn pernah diskip..bener2 pahamin materinya. semoga membantu

  2. Stefani

    Halo kak … aku baru mw masuk sbm itb … kaampus sbm itb dimana ya ?? Trus kan ada pilihan manajer sama kewirausahaan itu kapan milihnya kak ? Trims infonya =))

    1. Putri

      hali.. kalau manajemen di ganesha bandung kalau kewirausahaan di jatinangor.. utk penjurusan ada di tingkat 2. semoga membantu.

      1. Stefani

        Ya sangat membantu, saya mau bertanya satu lagi nij kak…. Kalo untuk semester 1 sbm itb kuliahnya di kampus ganesha ya kak ? Trus kalo semester pendek itu wajib ikut ya kak ? Trims ya infonya =))

        1. Putri

          Iya semester pertama dan kedua di ganesha..wajib..dihitung semester soalnya

          1. Stefani

            Makasih banyak kak infonyaaa…

  3. Stefani

    Oh ya kak… hari” kuliah itu setiap hari ato sabtu minggu libur ?

    1. Putri

      Sabtu minggu libur

      1. Stefani

        Kak… kalo rapit kelas 12 semester 2 itu masih diperluin buat daftar ulang lg ga ??? Makasihh kak

  4. affan

    hai kak salam kenal.
    saya baru aja lolos sbm itb melalui sbmptn.
    btw saya penasaran nih kak. emang di matkul matematika bisnis itu susah banget ya kak sampai banyak yang ngulang. emang materi di matkul itu apa aja?

    1. Putri

      Halo.. setiap semester pasti ada sih minimal satu matkul yang rada berat.. tapi itu relatif kok.. asalkan diperhatiin penjelasan dosen di auditorium dan berlatih soal-soal tutorial dengan benar insya Allah bisa kok. semoga membantu.

  5. sisil aprilya

    halo kak saya siswa dari MAN 2 BATAM,saya bingung harus cari kemana tentang persemesteran di sbm,sekiranya kakak tau kan semester 2 3 4? kalo tau blh lgsg komen ya kak:)

    1. Putri

      halo.. salam kenal.. mohon maaf.. saya tidak terlalu paham maksud dari persemesteran itu seperti apa ya? 😃

  6. Maksum

    Kak, pas masuk SBM ITB apakah kemampuan B. Inggris Kakak baik sekali? Kalau misal kita masih di level bawah kemampuan B. Inggrisnya gimana? Dan yg masuk SBM semuanya sudah expert dalam berbahasa Inggris?

    1. Putri

      gak juga kok, kita sama-sama belajar menguasai bahasa inggris disini melalui tugas-tugas dan metode kuliah di sbm, banyak yang masih beradaptasi juga, contohnya aku semoga membantu 🙂

Leave a Reply

Required fields are marked*