kopi semangat

Live Well

HEALTH

Selama kurang lebih satu tahun saya telah merubah pola makan saya menjadi lebih sehat dengan lebih banyak mengonsumsi makanan buatan sendiri dibandingkan membeli di luar. Namun terkadang saya heran, mengapa saya sering kali tetap menderita flu ringan, mudah pusing, mudah kelelahan, dan lainnya. Sedikit banyak ini sangat mengganggu aktivitas saya sehari-hari. Dulu saya salah satu orang yang memahami bahwa gaya hidup sehat hanya berhubungan dengan apa yang kita makan saja. Namun setelah membaca artikel dari berbagai sumber, belakangan ini saya mulai mempercayai bahwa hidup sehat bukan hanya tentang makanan yang masuk ke tubuh kita. Namun juga berkaitan dengan mental, fisik, dan lingkungan juga.

Faktanya adalah saya salah satu orang yang mudah stress dalam berbagai hal yang membebani saya, sekecil apapun itu. Saya mudah panik dan was-was terhadap pekerjaan-pekerjaan saya yang belum terselesaikan maupun yang sudah terselesaikan sekalipun, tak jarang tangan dan tubuh saya ikut bergetar karena efek dari rasa panik itu sendiri, saya seringkali khawatir terhadap hasil yang saya peroleh dari tugas-tugas yang saya kerjakan ataupun mudah terbebani dengan bagaimana pendapat orang-orang terhadap hasil kerja saya. Stress berlebihan inilah yang pada akhirnya membuat sistem imun saya menjadi menurun sehingga saya mudah terserang penyakit seperti flu.

Dulu saya pernah membaca bahwa kesehatan tubuh seseorang, 80% tergantung dari makanan yang mereka konsumsi dan 20% berasal dari workout atau latihan rutin. Oleh karena itu, saya berpikir tidak begitu menjadi masalah jika saya tidak berolahraga secara rutin, toh itu tidak berpengaruh banyak terhadap kesehatan tubuh saya, yang penting saya menjaga makanan yang saya konsumsi. Namun ternyata setelah beberapa waktu lalu, kebetulan selama seminggu sebelumnya saya libur kuliah, selama empat hari berturut-turut saya mencoba untuk jogging di pagi hari. Saya pun akhirnya merasakan manfaatnya secara langsung dan tidak langsung. Ketika dulu saya akan dengan sengaja mengatur alarm dan bangun jam 9 pagi ketika hari libur, namun saat itu saya membela-belakan diri untuk bangun lebih awal dan berjalan kaki menuju lapangan dekat kampus saya untuk jogging. Saya hanya ingin mengetahui apa yang orang-orang rasakan jika rutin berolah raga dalam seminggu seperti yang sering direkomendasikan oleh para healthy vlogger yang sering saya tonton di youtube.

Saya mulai berangkat dari kos jam setengah 6 atau 6 pagi saat hari masih belum terlalu terang. Udara yang masih bersih, kondisi jalanan yang tidak terlalu bising, dan sambil mendengarkan lagu favorit saya dari handphone menggunakan headset cukup membuat saya rileks dan bisa berpikir jernih. Tak hanya itu, saya bisa melihat aktivitas para pedagang di pasar ketika mereka menjajakan dagangan mereka di pagi buta, itu salah satu nutrisi mental saya untuk selalu tetap bersyukur dengan apa yang saya miliki sekarang dibandingkan mereka, di saat biasanya saya masih terlelap di alam mimpi, begitu mudahnya hidup saya dibandingkan mereka. Percaya atau tidak, saya menjadi lebih positif ketika melihat keadaan sekitar saya saat itu, melihat aktivitas orang-orang tanpa suara bising kendaraan bermotor, tanpa asap kendaraan, dan bisa menghirup udara yang masih bersih. Saya baru tau bahwa itu adalah asupan-asupan yang seharusnya rutin saya isi untuk kesehatan mental saya, tidak hanya melulu mengurusi berbagai tugas kampus, pekerjaan, dan lainnya.

Setelah sampai di jogging track, saya mulai berlari dengan kecepatan ringan mengelilingi lapangan sebanyak lima putaran bersama orang-orang disana. Melihat para orang tua yang merelakan waktu mereka untuk jogging di pagi hari atau sekedar berjalan mengelilingi lapangan cukup membuat saya bersemangat untuk melakukan jogging rutin kedepannya. Sekali lagi, kadang kita harus mencari lingkungan yang positif untuk terus memotivasi kita untuk keep on track. Jika kamu ingin hidup sehat, berkumpullah dengan orang-orang yang memiliki tujuan dan semangat yang sama sepertimu. Ada banyak manfaat yang saya dapatkan ketika menyempatkan waktu untuk sekedar jogging di pagi hari, selain tubuh saya menjadi lebih aktif bergerak yang membuat saya sehat secara fisik, saya juga pada akhirnya bisa menemukan motivasi-motivasi baru dengan sekedar melihat lingkungan dan orang-orang di sekitar saya. Sekali lagi, optimalkan dan seimbangkanlah antara kebutuhan fisik, mental, spiritual, dan lingkungan, sehingga tubuh kita semakin berfungsi dengan baik, sehat secara keseluruhan, dan tentunya aktivitas kita akan semakin lancar ditopang oleh tubuh yang sehat.

Sekin dulu sharing kali ini, hope you all have very best days ­čÖé

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *