Better Me, HEALTH, Healthy Lifestyle, Personal

Rutinitas Sehat Saya di Pagi Hari, Membangkitkan Mood dan Produktivitas

Pagi hari adalah waktu favorit saya. Mood saya paling bagus memang di pagi hari, bukan tanpa alasan, saat saya bangun tidur dengan perasaan relaks, tanpa keluhan pegal-pegal, rasanya pikiran lebih bersih dan bisa lebih tenang dalam menyambut hari.

Pernah beberapa kali saya telat bangun, mood saya bisa dipastikan kurang baik dalam sehari tersebut.

Ada beberapa hal yang memang sudah menjadi rutinitas saya di pagi hari yang membantu sekali dalam memboosting mood saya, ketika rutinitas saya tersebut tidak berjalan sempurna, biasanya saya menjadi tidak terlalu bersemangat.

Mungkin ini juga dikarenakan saya memang punya sifat dimana saat saya mengawali sesuatu dengan cara yang benar, maka saya akan cenderung bersemangat untuk melanjutkannya, tapi jika awalnya sudah tanpa persiapan dan asal-asalan, saya cenderung tidak menikmati kegiatan tersebut seterusnya.

Untuk itu, saya mengusahakan sekali untuk selalu menjalankan rutinitas saya di pagi hari ini dengan lancar agar saya bersemangat untuk beraktivitas.

Bangun tidur

Biasanya saya bangun sekitar jam 04.00 – 05.00 pagi, ini waktu ideal saya bangun pagi. Jika lewat dari jam tersebut biasanya mood saya memburuk karena pasti ada saja rutinitas wajib saya yang harus di skip. Setelah bangun, biasanya saya langsung ke kamar mandi, buang air, wudhu, sikat gigi, dan solat subuh. Biasanya saat di kamar mandi, saya sudah hampir 100% “bangun”. Saya berusaha untuk tidak terlalu buru-buru atau tergesa-gesa dalam melakukan solat, menerapkan konsep mindful, benar-benar mengerjakan solat tidak terburu-buru, melakukan setiap gerakan dengan sempurna, meresapi setiap kalimat, menseolahkan saat saya solat tersebut Allah sedang melihat usaha saya untuk memanfaatkan hari saya sebaik-baiknya, sehingga Allah menganugerahkan saya ketenangan lahir dan batin. Setelah solat pun saya tidak buru-buru melipat mukena, duduk sebentar sekedar berzikir singkat dan membaca ayat Al-quran beserta terjemahan dengan pikiran fokus. Saya percaya bahwa awal yang baik dapat memperlancar kegiatan kita selanjutnya.

Membereskan Tempat Tidur dan Kamar

Setelah solat, saya biasanya membereskan tempat tidur agar terlihat rapi, kalau dibiarkan berantakan rasanya mood saya jadi gak bagus, saya tipikal orang yang bisa lebih konsentrasi ketika lingkungan saya rapi.

Minum Air Lemon

Ini rutinitas baru saya yang baru beberapa bulan ini saya biasakan. Minum lemon di pagi hari sangat membantu dalam meningkatkan imunitas dan mengeluarkan racun hasil metabolisme semalaman dari tubuh. Saya biasanya memeras satu lemon dan dicampur dengan segelas air hangat, terkadang saya juga mencampur dengan bubuk temulawak yang berkhasiat untuk mengobati penyakit GERD saya. Saya biasanya meminumnya sembari mendengarkan musik yang menenangkan, membaca buku atau menonton video youtube yang bisa menambah inspirasi. Ini sangat membantu merelakskan dan membangkitkan semangat di pagi hari. Saya menghindari untuk langsung membuka media sosial di pagi hari, karena biasanya media sosial sangat adiktif dan memperburuk mood, apalagi saat melihat berbagai postingan orang lain yang tidak berbobot atau cenderung negatif, seperti sumpah serapah, keluhan, omelan, dan lainnya. Paling saya hanya membukakan aplikasi line, whatsapp, atau email, menghindari saya skip info yang penting.

Meditasi

Nah, setelahnya saya akan pindah ke ruangan lain yang lebih lapang, membuka jendela, dan menghirup udara pagi yang masih segar sembari bermeditasi. Saya terlebih dahulu melakukan gerakan sederhana untuk menggerakkan tubuh saya, lalu menarik nafas dalam-dalam melewati hidung dan membuangnya melalui mulut. Ini membantu untuk merelakskan pikiran. Anggap saja saat kita menarik nafas dan memasukkan oksigen tersebut dalam tubuh kita, maka oksigen itu dapat mengikat segala pikiran buruk dan mood negatif yang kita miliki selama ini lalu mengeluarkannya melalui nafas yang kita buang melalui mulut. Tarik perlahan dan buang dengan dorongan yang sedikit keras, aura negatif pun akan ikut keluar dari tubuh. Saya biasa melakukannya sekitar 10 menit.

Mempersiapkan Sarapan dan Bekal

Setelah meditasi, saya biasanya lanjut membuat sarapan, bisa smoothie atau potongan buah segar. Saya juga biasanya langsung memotong beberapa buah untuk menjadi bekal saya di kampus. Jika sempat saya akan memasak menu sederhana untuk makan siang saya di kampus. Makan makanan kaya nutrisi di pagi hari menjadi awal yang baik supaya kita bisa konsisten untuk makan sehat seharian.

Mandi

Setelah makan, saya langsung mandi. Saya berusaha untuk tidak mandi terburu-buru. Benar-benar meresapi saat sabun yang saya pakai saya aplikasikan ke seluruh tubuh dan wajah dengan kesadaran penuh bahwa sabun ini akan membersihkan kotoran dan menyegarkan tubuh dan wajah saya. Saya bisa memastikan bahwa tidak ada bagian tubuh yang tidak terkena sabun dan memijat wajah dengan benar untuk menghilangkan kotoran di wajah saat membersihkannya dengan facial wash.

Skin Care

Setelah mandi, saya menggunakan skin care di tubuh dan wajah saya tanpa harus menskip satu produk pun, dimulai dari toner, moisturizer dan sunscreen serta mengaplikasi body lotion di seluruh badan dengan meresapi bahwa apa yang saya lakukan ini baik untuk kulit saya. Ini adalah step terakhir yang saya lakukan dalam rutinitas pagi hari saya sebelum bersiap untuk berangkat kuliah di pagi hari. Biasanya saya berangkat sekitar jam 7 pagi.

Saya benar-benar membiasakan diri agar tidak tergesa-gesa di pagi hari, selow tanpa tertekan tanpa beban, meyakini bahwa berbagai pekerjaan dan to-do list saya akan saya kerjakan setelah ini, namun sekarang waktunya saya untuk diri saya sendiri, mengumpulkan semangat, mempersiapkan hari dengan penuh kesadaran dan mood yang baik sehingga hari-hari saya akan menjadi lebih mudah. Rutinitas ini sebagai bentuk hypnotherapy untuk membuat pikiran kita menjadi lebih positif. Jangan terlalu keras dengan diri sendiri, nikmati saja. Rumusnya hanya berusaha dan berdoa. Kenali sinyal yang diberikan tubuh, pahami diri sendiri, dan beraktivitaslah dengan nyaman. 🙂

 

Leave a Reply

Required fields are marked*