Madre Labs Thickening B-Complex + Biotin Shampoo Review

Beauty Product Reviews

Bismilllah..

Hari ini saya ingin sharing tentang satu produk shampoo yang sedang saya pakai dari brand Madre Labs. Shampoo ini merupakan shampoo natural kedua yang saya pakai setelah Nature Origin dan Cantika.

Nah, awal mula membeli shampoo ini karena saat itu kondisi rambut saya yang sangat sering rontok dan patah. Saya hunting merk shampoo natural di iherb.com, lantas membelinya melalui salah satu akun instagram yang menerima jasa beli produk luar.

Saya ingin menjelaskan terlebih dahulu mengenai beberapa claim yang ada di produk ini.

  1. Cruelty Free – Absolutely No Animal Testing
  2. No-Added Synthetic Fragrances
  3. No Gluten
  4. No GMOs
  5. No Parabens
  6. No Phthalates
  7. No Sulfates
  8. No Silicone
  9. pH-Balanced
  10. Fresh Citrus Scent
  11. Eco-Friendly Packaging
  12. Mengandung bahan-bahan natural dan organik
  13. No Harmful Chemical Ingredients

Dari gambaran di atas, Anda tentu bisa memastikan sendiri bahwa produk ini memang insya Allah aman digunakan jangka panjang dan tidak berbahaya untuk kesehatan.

Kesan awal saya saat memakai produk ini adalah wanginya sangat refreshing banget, wangi citrus seperti namanya. Tapi yang saya herankan kok produknya berbusa ya? Setau saya  produk-produk yang diclaim natural seperti ini, jarang yang menggunakan Sodium Lauryl Sulfate yang bisa berbahaya untuk kesehatan. Setelah saya baca ingredients-nya, rupanya ada satu bahan pengganti SLS yang lebih aman digunakan untuk produk pembersih, yaitu Sodium Lauroyl Methyl Isethionate.

Sodium Lauroyl Methyl Isethionate is a water soluble, coconut derived, surfactant that also happens to be sulfate-free. Not to be confused with similar sounding sodium lauryl sulfate, this ingredient is an incredibly mild surfactant, and is considered to be one of the safest on the market.

Surfactants are found in most cleansing products as they degrease, emulsify oils and fats, and suspend oil in order for it to be washed away. And while some surfactants can be drying and irritating, Sodium Lauroyl Methyl Isethionate has proven to be mild and gentle. This is because it is a large molecule ingredient, which means it cannot penetrate the skin; and therefore, not irritate it either.

With an EWG score of 1, Sodium Lauroyl Methyl Isethionate is deemed to be very safe, non-toxic, a non irritant, and is biodegradable.

Source : http://www.naturesaid.ca/what-you-need-to-know-about-sodium-lauroyl-methyl-isethionate/

Karena kandungan bahan ini, maka tidak heran kalau produk ini bisa menghasilkan busa hampir sama banyaknya dengan produk biasa yang dijual di pasaran. Alhasil, sensasi mandi pun jadi lebih menyegarkan dan lebih terasa bersih.

Namun sayangnya, karena memang produk ini berbusa, malah bisa mengangakat minyak yang ada di kulit kepala secara berlebihan, seringkali setelah keramas, rambut saya menjadi kering dan terlalu kesat, kecuali jika menggunakan conditioner setelahnya, saya sarankan jika Anda ingin menggunakan produk ini didampingi dengan penggunaan conditioner untuk melembutkan kembali rambut yang kering. Beberapa waktu lalu memang conditioner saya habis, jadi saya cuma keramas pakai shampoo saja, untuk melemaskan kembali rambut saya yang kering, saya biasanya menggunakan vitamin rambut dan minyak kelapa organik di rambut saya. Trik ini cukup membuat rambut saya bisa mudah diatur kembali. Namun saya akui sensasi saat membersihkan rambutnya memang tidak kalah dengan produk pasaran.

Terakhir, produk ini diclaim cocok untuk rambut yang tergolong tipis, bisa membantu menebalkan rambut dan memperkuat rambut. Awal-awal pemakaian memang rontok di rambut saya berkurang, namun semakin kesini, saat rambut saya sudah mulai memanjang, rontok saya menjadi parah kembali. Dari dulu memang pengalaman saya, rambut saya banyak rontok ketika rambut saya panjang, belum lagi belakangan ini saya sedang banyak pikiran yang membuat saya stress, saya pikir dua hal ini menjadi faktor utama rontoknya rambut saya. Namun, saya tidak bisa memastikannya dengan mutlak benar atau tidaknya, walaupun di iherb.com, produk ini merupakan salah satu produk best seller yang paling banyak terjual.

Harga produk ini sekitar 250.000 dengan ukuran 414 ml, bisa habis sampai 6 bulan kalau saya, isinya lumayan banyak.

Oiya, untuk tau bahan-bahan apa saja yang sebaiknya Anda hindari ketika membeli shampoo, Anda bisa membaca tulisan saya disini. Sudah saya jelaskan detail.

Demikian sharing saya kali ini. Semoga bermanfaat ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.