Smoothie Pisang Bayam

Easy Smoothie Recipes with No More Than 2 Ingredients

HEALTH

Pagi hari memang waktu yang paling cocok untuk mengeluarkan racun dari tubuh saat perut masih kosong. Saat bangun tidur, pertama kali yang saya minum adalah perasan jeruk nipis atau lemon yang dicampur dengan parutan jahe dalam segelas air hangat. Saya sudah pernah menjelaskan sebelumnya disini. Setelahnya baru saya meminum smoothie ini untuk mengganjal perut saya sementara sebelum mengonsumsi oatmeal, karena memang sebenarnya smoothie ini tidak dapat mengganjal perut dalam waktu lama, berhubung tingkat kalorinya rendah.

Namun smoothie memang minuman sekaligus makanan yang paling cocok dikonsumsi di pagi hari, karena kadar gulanya tergolong rendah, sehingga tubuh tidak “terkejut” langsung setelah mengonsumsi makanan berat seperti nasi, bubur, dan lainnya. Mengonsumsi smoothie mampu mengganjal perut maksimal 2 jam, setelahnya saya baru mengonsumsi oatmeal, resepnya sudah pernah saya share disini.

Saya biasanya memblender 2 buah pisang dan segenggam besar bayam yang dicampur dengan sedikit air tergantung tingkat kekentalan yang Anda inginkan. Saya sendiri tidak menambahkan gula kelapa atau madu lagi karena memang rasanya sudah manis dari kandungan pisang didalamnya.

Kadang kalau saya tidak memiliki bayam di kulkas, saya juga menggantinya dengan selada. Rasanya tetap enak, tidak ada rasa aneh. Jika Anda kurang minat dengan sayuran, mungkin meminum smoothie setiap hari bisa menjadi langkah awal untuk melatih Anda mengonsumsi sayuran, karena memang cita rasanya tetap enak di lidah.

Saya memang mengusahakan sekali sayuran yang saya pakai merupakan sayuran organic. Namun jika tidak memungkinkan karena budget yang menipis, saya akan menggunakan sayuran biasa yang mudah didapatkan di pasar dekat kos saya, lalu mencucinya dengan bersih menggunakan Pure Baby Liquid Cleanser yang bisa juga digunakan untuk mencuci sayuran dan buah.

Penggunaan pisang di dalamnya juga bertujuan untuk membuat smoothie menjadi lebih creamy, manis, dan mempunyai cita rasa tinggi. Untuk menambah kenyamanan, Anda bisa mengupas beberapa pisang dari kulitnya dan memasukkan pisang tanpa kulit tersebut ke dalam ziplock dan disimpan di dalam freezer, sehingga setiap pagi Anda hanya perlu mengambil duah buah pisang yang sudah beku dan segenggam bayam, memblendernya, and you are ready to go!

Setelah memblendernya, biasanya saya langsung tuang ke dalam botol minuman, jika saya tidak sempat meminumnya di kos, saya akan membawanya ke kampus dan meminumnya di perjalanan atau ketika sampai di kampus, sangat praktis bukan?

Tidak cuma tentang cita rasanya yang tinggi, khasiatnya juga banyak. Smoothie ini sangat membantu untuk membuang racun dari tubuh dan membersihkan usus dari kotoran, serta memperlancar pencernaan.

Tips saya, ketika memblender smoothie, jangan memblendernya terlalu lama, setiap 15 detik hentikan proses penghancurannya, berikan jeda untuk menghindari proses oksidasi, sebetulnya panas dari pisau blender juga dapat merusak nutrisi di dalam sayuran, maka dari itu untuk menghindari panas berlebihan, berikan jeda beberapa detik setiap memprosesnya.

Tak hanya itu, setelah memblendernya, disarankan untuk langsung meminum smoothie tersebut, karena smoothie yang didiamkan terlalu lama akan teroksidasi oleh oksigen yang dapat mengurangi kandungan nutrisi di dalamnya, bahkan bayam sendiri memang tidak bisa didiamkan terlalu lama, jika tekstur smoothie sudah mulai menghitam atau menggelap, maka tidak bagus lagi dikonsumsi tubuh. Zat bayam sendiri sebenarnya sangat baik dikonsumsi karena mengandung zat besi yang tinggi. Namun apabila didiamkan terlalu lama setelah diolah, maka zat besi ini akan bereaksi dengan oksigen membentuk senyawa yang bernama ferro yang malah bersifat racun bagi tubuh. Akan jauh lebih baik mengonsumsi smoothie dalam keadaan fresh.

Smoothie ini memang tidak dianjurkan untuk Anda konsumsi sebagai menu utama, karena rendah kalori dan protein. Sebaiknya dijadikan menu awal memulai hari lalu diselingi dengan menu padat gizi setelahnya, seperti oatmeal, gandum, dan lain-lain.

Semoga sharing kali ini bermanfaat, selamat beraktivitas. 🙂

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *