Resep Sederhana : Tumis Tauge, Tahu, dan Wortel

HEALTH

Jadwal kuliah yang padat menyebabkan saya seringkali harus mengakali menu-menu makanan yang saya konsumsi, terutama yang praktis, cepat, dan tentunya sehat. Salah satu menu andalan saya adalah tumis tauge, wortel, dan tahu. Cara membuatnya pun cukup mudah dan tidak menguras waktu yang lama. Untuk semakin mempersingkat waktu, saya biasanya mengakalinya dengan terlebih dahulu memotong bahan-bahan mentah seperti wortel dan membersihkan tauge di malam hari sebelumnya, sehingga saat pagi hari saya hanya tinggal perlu menumisnya saja.

Bahan (untuk 2 porsi) :
1 wortel ukuran sedang, potong berbentuk korek api
Segenggam tauge
3 potong tahu
3 bawang merah
1 siung bawang putih
3 cabe merah
Garam (saya menggunakan pink himalayan salt) dan lada secukupnya
Minyak kelapa secukupnya

Cara membuat:
1. Goreng tahu terlebih dahulu dengan minyak kelapa, lalu potong dadu atau iris memanjang atau sesuai selera.
2. Sisihkan tahu yang telah digoreng.
3. Panaskan minyak kelapa untuk menumis, setelah cukup panas, masukkan bawang merah, bawang putih, dan cabe merah, tunggu hingga sedikit kecoklatan.
4. Masukkan wortel, tunggu sampai sedikit layu, lalu masukkan tauge.
5. Saat tauge sudah hampir matang, masukkan tahu yang telah dipotong, aduk sebentar.
6. Angkat, siap disajikan.

Mudah banget kan? Ini juga adalah menu andalan saya kalau lagi super repot dengan berbagai tugas kampus tapi tetap mau makan sehat, nggak mau beli di luar. Berhubung saya nggak pernah menemukan tauge organik di supermarket dimana saya belanja, jadi di menu ini saya hanya menggunakan wortel saja yang organik. Jadi, gak ada alasan dong ya kalau hidup sehat itu sangat repot. Saya juga memang tidak dengan terang-terangan mengatakan kalau hidup sehat itu mudah, apalagi di sekitar kosan dan kampus saya super banyak jajanan yang menggugah selera, ditambah jadwal kampus yang padat, kadang saya juga suka males kalau harus masak lagi. Tapi, demi kesehatan saya kedepannya, saya nggak mau sakit, maka saya harus terus konsisten dan berkomitmen mengubah pola hidup saya. Manfaat hidup sehat itu juga banyak banget, saya sudah mulai merasakannya satu per satu, diantaranya saya lebih fit, lebih positif, dan bersemangat, karena saya tau, apa yang saya makan tidak ada mudharatnya insya Allah. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.