ngeblog

Dibalik Sebuah Postingan di Blog – Inspirasi Sang Penulis

Personal

Bagi saya, menulis blog bukan hanya tentang masalah pencitraan, sok eksis, ajang curhat-curhatan, dan berbagai tanggapan negatif lainnya yang sering orang katakan di luar sana. Toh, pada akhirnya mereka yang benar-benar menulis dengan hati juga lah yang tetap eksis memiliki banyak pembaca setia. Blog saya memang masih sangat baru dibandingkan blogger lainnya. Namun, dengan semakin banyaknya jumlah pembaca dari hari ke hari membuktikan bahwa blog saya bukan hanya tempat untuk sekedar curhat atau eksis saja, tentu pembaca akan bosan dengan isi blog yang berisi curhatan tanpa faedah sedikitpun karena aura negatif tentu akan menular kepada mereka. Blog ini saya dedikasikan untuk diri saya sendiri, merealisasikan salah satu tujuan hidup saya yang ingin bermanfaat bagi banyak orang dengan membagikan sedikit ilmu yang saya tau.

Berbagai informasi yang saya bagikan dalam blog ini, saya usahakan sedetail mungkin. Sebelum saya menulis dalam satu post, saya akan mencari tau secara mendetail seluk beluk hal yang ingin saya bahas, tak urung saya bisa menyelesaikan satu post saja bisa sampai dua hari, karena saya harus membaca dan mencari tau dari berbagai referensi yang akurat, agar pembaca bisa mendapatkan informasi mendetail hanya dalam satu post tanpa perlu mencari tau referensi lainnya lagi.

Menulis juga bukan hal yang mudah ketika pikiran sedang mumet-mumetnya. Terbukti dengan kenonaktifan saya sampai tiga bulan tanpa postingan apa-apa di blog ini. Memang saat itu saya sedang memiliki beberapa masalah di kampus. Lalu tahun ini, sejalan dengan salah satu keinginan terbesar saya untuk aktif menulis lagi, saya memutuskan untuk hengkang dari beberapa rutinitas sebelumnya yang memang tidak terlalu saya minati dan mulai menjalankan keinginan utama saya. Saya ingin sekali bisa menjadi blogger yang memiliki kesan tersendiri bagi pembaca nantinya. Sama halnya dengan saya yang sangat menyukai beberapa blogger, seperti Andra Alodita, Cinta Ruhama Amelz, Nalia Rifika, dan Agnes Oryza, tulisan mereka selalu saya nantikan dan selalu memberikan kesan tersendiri yang bisa membangkinkan mood positif untuk saya pribadi. Hal itulah yang ingin saya coba lakukan, saya ingin mereka yang membaca blog saya bisa tertular hal positif, bisa membangkitkan mood mereka yang sedang lesu, tidak bergairah untuk beraktivitas, bahkan malas untuk bangkit dari zona nyaman mereka.

Saya merasa sangat senang setiap kali ada pembaca yang mengomentari postingan saya dengan feedback positif. Saya sadar, menulis bukanlah pekerjaan yang mudah bagi saya. Kemampuan menulis saya masih dibawah rata-rata dan sejujurnya membagi waktu antara kepadatan kuliah, organisasi, dan berbagai hal lainnya menjadi boomerang tersendiri ketika saya harus memilih antara tidur untuk rehat sejenak atau membuka laptop dan mulai mengetik. Dan ketika saya mencoba menulis di saat otak sedang penuh dan buntu justru tidak akan membantu sama sekali. Maka dari itu, seorang penulis pada dasarnya butuh ketenangan, sedikit demi sedikit mereka belajar melatih diri mereka untuk tidak mudah stress dan mencoba berfikir positif, salah satunya dengan membaca konten dari blogger lain. Itulah yang saya senangi dari dunia blogging, beberapa kalimat yang dirangkai dengan niat dan memiliki maksud mendalam yang ingin disampaikan oleh penulisnya, secara tidak langsung diserap pula oleh para pembaca setianya. Karena menulis memang butuh kemauan, butuh kepercayaan diri, butuh effort tersendiri, dan ketika tulisan yang dibuat dengan penuh ketelatenan dan niat tentu auranya akan tersalurkan juga bukan?

Menulis bukanlah hal yang mudah ketika tulisan yang ingin dipublikasikan benar-benar bertujuan untuk mengedukasi pembacanya, bukan untuk sekedar eksis dan numpang tenar. Setiap blogger punya tujuan mereka masing-masing, ada yang murni ingin mengedukasi pembaca, ada yang ingin mendapatkan penghasilan dari blog, atau sekedar media untuk mereka bisa berkomunikasi dengan para pembacanya. Dan tentunya harapan saya, semoga maksud saya untuk membuat blog ini sejak setahun lalu juga tersampaikan dengan baik kepada para pembaca sekalian. Setiap hari saya mencari tau dan menambah wawasan saya mengenai topik yang saya angkat dalam blog ini lalu mencoba untuk merekap dan menulis kembali dengan bahasa yang lebih ringan dalam postingan-postingan di blog ini, saya yang semakin teredukasi seiring dengan keinginan saya yang juga ingin mengedukasi pembaca sekalian.

Selamat beraktivitas 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.