Product Reviews

Pengalaman Menggunakan Tahapan Xpresi BCA

Kali ini saya akan mencoba mereview salah satu produk perbankan dari BCA, yaitu Tahapan Xpresi. Sebelumnya, saya memang pernah membuka rekening Tahapan Silver dua tahun yang lalu, namun karena biaya administrasi bulanannya yang tinggi, saya akhirnya tidak pernah melakukan transaksi lagi sejak setahun yang lalu menggunakan rekening ini.

Akhirnya beberapa minggu yang lalu karena tuntutan usaha yang baru saya buka untuk transaksi ke vendor dan ke customer, saya memutuskan untuk membuka rekening baru di BCA dari varian produk lain, yaitu Tahapan Xpresi. Ada beberapa faktor yang membuat saya berkeinginan untuk menjadi salah satu nasabah BCA.

Pelayanan yang cepat, nyaman, dan praktis

Saya sebenarnya memiliki beberapa rekening tabungan, yaitu BNI, Mandiri Syariah, BRI, Muamalat, dan BCA. Namun sejauh ini, saya semakin jatuh hati dengan pelayanan dari BCA sendiri. Setiap saya mengunjungi salah satu kantor BCA terdekat, baik itu di Aceh maupun di Bandung dimana saya menetap sekarang, BCA selalu menawarkan pengalaman menarik terkait pelayanan yang diberikan kepada nasabahnya. Saya tidak pernah kecewa dengan pelayanan dari para customer service BCA sejauh ini, mereka selalu melayani saya dengan ramah dan sigap. Keramahannya pun tidak terkesan dibuat-buat, mereka benar-benar membuat nasabah nyaman dan tidak malu bertanya berbagai hal sespesifik apapun. Bahkan saat saya sedang menunggu salah satu CS mengolah data rekening baru saya di bagian lain, setelah ditawarkan segelas air mineral, saya disapa oleh pimpinan kantor BCA tersebut (BCA cabang Dago) dan beliau mencoba bercengkrama dengan saya sekedar berbasa-basi, saya sedikit terkesan dengan keramahtamahan yang diberikan, dari pimpinannya saja mau terjun langsung menyapa nasabah, ini seperti menekankan bahwa memang mereka sangat menomorsatukan nasabah-nasabanhnya.

Produk perbankan yang variatif dan solutif

Menurut saya BCA merupakan salah satu Bank yang bisa menjangkau segmen  pasar dari menengah ke bawah sampai menengah ke atas, dari muda sampai tua. Sebelum saya membuka rekening tahapan Xpresi, saya sebelumnya sempat beberapa kali mencari review berbagai produk tabungan rekening dari beberapa bank di Indonesia yang memiliki biaya administrasi yang rendah. Akhirnya saya menemukan beberapa alternatif, yaitu Simpedes BRI, Mandiri Tabunganku, BNI Taplus Muda, dan Tahapan Xpresi BCA. Berikut saya jelaskan beberapa hal penting yang menjadi pertimbangan saya dalam memutuskan memilih produk tabungan perbankan.

Mandiri Tabunganku

Pros

  • Bebas biaya Administrasi Bulanan
  • Cocok untuk mereka yang berniat untuk menabung, bukan untuk belanja dan bertransaksi sehari-hari.
  • Setoran awal hanya 20.000

Cons

  • Tidak bisa digunakan untuk transfer, kartu ATM hanya bisa digunakan untuk pengecekan saldo dan penarikan uang saja.
  • Saldo ditahan 20.000
  • Tidak difasilitasi ebanking, seperti mobile banking dan internet banking

BNI Taplus Muda

Pros

  • Biaya Administrasi Rekening Bulanan hanya 5.000 dan memiliki biaya administrasi kartu tambahan, namun saya tidak tahu jelas berapa.

Cons

  • Saldo yang ditahan 50.000

BRI Simpedes

Pros

  • Biaya administrasi rekening bulanan sebesar 5.500 dan biaya administrasi kartu sebesar 1.500

Cons

  • Saldo yang ditahan sebesar 50.000

Namun, setelah menimang-nimang dan semakin mencari tau kekurangan-kekurangan dari keempat produk tersebut, akhirnya saya memutuskan untuk membuka rekening di BCA saja (kalau BRI Simpedes saya memang sudah punya dari awal), karena menurut saya Tahapan Xpresi bahkan tidak memiliki kekurangan apapun selain tidak adanya buku tabungan yang diberikan, dan saya pribadi tidak terlalu mempermasalahkan itu karena saya masih bisa mengecek cash flow saya dalam bulan tersebut melalui internet banking. Selain itu, saya sangat memerlukan fasilitas seperti internet banking untuk kemudahan transaksi saya, maka dari itu saya menjadikan internet banking sebagai salah satu syarat mutlak dalam kriteria produk tabungan yang saya cari.

Sekarang, saya akan coba menjelaskan keunggulan-keunggulan Tahapan Xpresi.

  1. Biaya Administrasi rekening Bulanan yang rendah, hanya 5.000 rupiah, dan tidak memiliki biaya administrasi kartu bulanan lagi.
  2. Saldo minimum yang ditahan sangat rendah, hanya 10.000 rupiah saja. Pengalaman saya sebelumnya menggunakan Tahapan Silver, saldo yang ditahan adalah sebesar 50.000 rupiah. Jadi jika saya memiliki sisa saldo di rekening sebesar 100.000, saya hanya dapat menarik dana sebesar 50.000 saja, itulah yang dimaksud dengan saldo ditahan.
  3. Biaya pembuatan atau penggantian kartu sebesar 25.000. Saya tidak pernah kehilangan kartu ATM sejauh ini, jadi menurut saya ini tidak termasuk biaya primer yang terlalu saya perhitungkan saat membuka rekening baru. Dan setau saya bank lain memiliki kebijakan yang tidak jauh berbeda untuk beban biaya penggantian kartu ATM.
  4. Biaya penutupan rekening hanya 5.000 rupiah saja dan saya pribadi pun tidak berniat sama sekali untuk menutup rekening saya di BCA karena sudah terlalu nyaman dengan fasilitas yang diberikan.
  5. Terakhir, secara general menurut saya nomor rekening BCA tergolong pendek, sehingga sangat mudah dihapal.

BCA memang mengeluarkan produk-produk perbankan untuk berbagai golongan, seperti golongan mereka yang menghindari biaya adminitrasi yang tinggi, bisa menggunakan Tahapan Xpresi yang biaya administrasinya hanya sebesar 5.000 saja untuk segala umur, hingga produk-produk seperti tahapan silver dan gold yang cocok kalangan menengah ke atas atau mereka yang tidak terbebani biaya adm yang tinggi.

Namun menurut saya, Tahapan Xpresi sangat cocok hampir ke segala kalangan, contohnya mereka yang memiliki kebutuhan transaksi yang tinggi, keperluan bisnis, atau kebutuhan menabung sekalipun, karena biaya administrasi bulanan yang tergolong rendah.

Internet Banking yang praktis, cepat, dan mudah

Ini yang paling membuat saya jatuh cinta dengan BCA. Fasilitas internet banking yang diberikan sangat praktis dan mudah digunakan bahkan untuk pemula sekalipun. Saya pernah menggunakan internet banking dari BRI, dan saya sempat kecewa saat itu karena cara kerjanya yang ribet dan lama. Untuk melakukan transaksi, nasabah harus mendapatkan sms nomor token terlebih dahulu untuk bisa mentransfer dana ke rekening lain dan terlebih lagi ini memakan pulsa. Berbeda dengan BCA yang dilengkapi fasilitas keyBCA untuk mendapatkan nomor token, ini sangat memudahkan  dalam bertransaksi dan tidak memakan pulsa yang banyak, hanya memakai kuota kartu data saja.

Itu saja review singkat saya tentang Tahapan Xpresi BCA. Jika kita memiliki kebutuhan yang sama, saya rasa produk ini akan cocok untuk Anda yang membutuhkan fasilitas untuk menabung, bertransaksi sehari-hari, dan berbisnis.

32 Comments

  1. fathony

    sip perthankan menggunakan account bank bca tahapan XpresiBCA. nya yaa..!!? aq sudah punya dek ulil..!?

  2. bisa bank lain trasfer keatm tahapN expresi

    1. putrinuzulil

      Halo.. bisa kok mbak

  3. terima kasih infonya kak, artikel yg menarik yg menguatkan saya untuk membuka rekening bca tahapan xpresi, salam sukses

    1. putrinuzulil

      sama-sama.. semoga puas dengan fasilitas dan pelayanannya 🙂

  4. dita

    Pengaktifan bca mobilenya bagaimana yah, saya mengalami kesulitan. Setelah memamsukkan 16 digit angka, di suruh ke atm terlebih dahulu untuk registrasi

    1. putrinuzulil

      Saya bukan mobile bangking mba, tapi internet banking. Tapi emang harus registrasi dulu di ATM kalau gak mau registrasi melalui CS Bank.

  5. Stevani

    Kak.. mau tanya..
    Cara kerja nya tahapan xpresi sama sperti tahapan silver kan?
    Gak ada batasan transfer sehari nya ? Krna aku jualan online jd bnyak transaksi kan…
    Klo bca tabungan ku kan hanya boleh transfer 4x dlam sbulan.

  6. irsha

    saya buka bca xpresi kemarin rabu pas rabu saya cek saldo msh 40rb trs pas saya cek lagi hari sabtu ini saldo 15rb ..padahal blm ada transaksi. apapun kenepa ya mbak

    1. Novi

      Bantu Jawab ya, Baru buat kan ya, berarti itu terpotong 25rb untuk biaya pembuatan kartu, yg gw tau sih gitu

  7. Devi

    Kak cara cek cashflow bulanan bagaimana ya. Apamemang nanti ada catatan transaksiny atau cuma grafik. Btw makasih ya tulisannya membantu bgt. Sama pengalamannya. Ini lg bingung mau buka rek mandiri atau bca. Tetep mau yg biaya adm rendah plus ibanking nya lancar. Cuma bingung klo gak ada buku teh gmn. Print rek koran sewaktu2 perlu tetap bisa kah? Makasih yaa. Ini sebelum ke cs nanya kemari hehe. Btw saya jg di aceh hehe

    1. putrinuzulil

      Bisa di cek di internet banking di account information kok mba.. kalau mau cek transaction history bisa diliat di internet banking jga.. kalau saya tdak salah bisa cek utk 3 bulan terakhir.. tapi kalau mau cetak rekening koran juga bisa.. semoga membantu 🙂

  8. Youknowho

    Hai mau nanya dong. Aku baru bikin tahapan xpresi hari ini. Kata adminnya baru bisa dipake m banking sama internet banking hari rabu apa km juga gitu?emang apa aja sih yg bisa di lakuin hari pertama dan kedua buka rekening ini? Thnks infonya 🙂

    1. Putri

      halo.. kalau saya tidak salah juga seperti itu, regist mbanking atau internet banking baru bisa besoknya setelah buka rekening.. dan baru bsa diakses sehari setelah regist mbanking atau ibanking.

  9. fathoni

    sip perthankan menggunakan account bank bca tahapan XpresiBCA. nya yaa..!!? aq sudah punya dek putri..!? salam kenal ya sama2 punya account tahapanXpresiBCA

  10. Halo, kalo tahapan xpresi bisa dipake transfer atau nerima tidak? Makasih

    1. Putri

      Halo.. bisa dua-duanya kok

      1. kak apa bisa tahapan xpresi utk pembayaran2 gitu? contohnya bayar asuransi gitu?

        1. Putri

          Setau saya bisa mbak

  11. Kak mau tanya, apa tahapan xpresi bisa buat pembayaran juga ga kayak silver. Tq

    1. Muhammad Habibullah

      Bisa kok, pernah saya belanja baju dan bayar pake xpresi tinggal gesek hehe

  12. ami

    makasih infonya, btw persyaratannya apa aja ya ?

    1. Putri

      kalau saya tidak salah ktp dan ktm saja.. bisa dicek di websitenya kangsung utk selengkapnya.

  13. Adista

    Mbak, kalo setor tunai di xpresi itu ada maksimumnya ga? Thanks 😊

  14. Muhammad Habibullah

    Bisakah transfer ke bank lain selain BCA ?

  15. Sasi

    Mau nanya kak. Di web ada tulisan utk tarik tunai dan trf ada biaya 15k. Apakah benar?

    1. Iwan

      Penarikan lewat konter kasir kena fee. Lewat atm gratis

  16. Viviann

    Mba ini perlu npwp tdk y?

    1. Putri

      kalo gak ada..juga gak masalah mba 🙂

  17. Efi

    Ka kalo Mau ngambil uang bisa di mesin ATM bank lain ya.Mesin ATM apa aja

    1. Putri

      Bisa semua atm yang berlogo atm bersama..tapi ada biaya admin tambahan kalo beda atm..

Leave a Reply

Required fields are marked*