Product Reviews

Pengalaman Menggunakan Tahapan Berjangka BCA

Setelah sebelumnya membahas mengenai Tahapan Xpresi BCA, kali ini saya ingin menjelaskan mengenai salah satu produk perbankan BCA lainnya, yaitu Tahapan Berjangka. Saya membuka tabungan ini sebenarnya sekalian saat membuka rekening Xpresi. Saat itu saya sedang dilayani oleh salah satu customer service di BCA Dago yang bernama Mbak Retno. Saat mba Retno sedang menginput data rekening baru saya, saya melihat beberapa hadiah menarik yang dipajang di atas display meja belakang mba Retno. Saya pun iseng bertanya bagaimana cara mendapatkan hadiah tersebut. Setelah menginput data saya, mba Retno pun menjelaskan kepada saya bahwa dengan membuka tabungan Tahapan Berjangka, maka saya dapat mendapatkan salah satu hadiah tersebut secara langsung tanpa diundi. Hadiahnya berupa Tas laptop, Jaket parasut, dan Tas Kain Wanita. Saya pun meminta untuk dijelaskan secara detail oleh mba Retno mengenai produk tabungan ini.

Tahapan berjangka adalah salah satu produk tabungan yang dikhususkan untuk perorangan dengan setoran rutin perbulan dalam jangka waktu tertentu, yaitu minimal setahun. Jadi, memang rekening ini hanya bisa digunakan untuk menabung. Tak hanya itu, nasabah yang mendaftar produk tabungan ini juga secara langsung didaftarkan ke salah satu asuransi jiwa untuk menjamin ketidakpastian di masa mendatang.

Nah, kelebihannya lagi, menurut saya tabungan ini tidak ribet sama sekali, kita tidak perlu menyetor secara manual secara rutin setiap bulan. Namun akan didebit langsung (autodebet) dari rekening tabungan Tahapan yang kita daftarkan, kalau saya menggunakan rekening tahapan Xpresi saya.

Fitur dan ketentuan dari Tahapan Berjangka ini antara lain.

  1. Jangka waktu menabung minimal satu tahun dan maksimal 20 tahun dengan minimal setoran 500.000 per bulan. Saya pribadi untuk permulaan mendaftarkan diri dengan nominal 500.000 dalam kurun waktu setahun. Sehingga oktober tahun depan saya bisa mendapatkan total tabungan sebesar 6.000.000.
  2. Setorannya pun tidak manual, melainkan autodebet dari rekening yang didaftarkan seperti yang saya jelaskan sebelumnya. Jadi setiap bulan jumlah saldo di rekening saya berkurang 500.000. Jadi saldo rekening Tahapan Xpresi dan Tahapan Berjangka saya dipisah.
  3. Kita tidak dapat menarik tunai saldo Tahapan Berjangka dalam kurun waktu tersebut, sehingga produk ini benar-benar digunakan untuk menabung saja.
  4. Jika Anda telah membuat beberapa pos tabungan yang Anda gunakan untuk keperluan tertentu di masa mendatang, maka anda juga bisa mendaftarkan lebih dari satu tabungan di tahapan berjangka, misalnya tabungan untuk membeli mobil, tabungan pendidikan anak, dan lain-lain. Namun Anda tidak perlu khawatir, Anda hanya perlu mendaftarkan satu rekening sumber dana saja untuk berbagai tabungan tahapan berjangka Anda.
  5. Tabungan ini juga bebas dari biaya administrasi, jadi saldo rekening tidak akan berkurang, malah bertambah dengan bunga yang lebih tinggi dari tabungan reguler biasanya. Jadi memang mendaftarkan jenis tabungan ini tidak rugi sama sekali.
  6. Jika masa menabung Anda telah berakhir, maka tabungan dari tahapan berjangka anda akan otomatis ditransfer kembali ke rekening sumber dana Anda.
  7. Namun, jika memang pada bulan tertentu sumber dana Anda tidak mencukupi, maka akan didebet dua kali di bulan berikutnya. Kalau saya, misalnya dibulan pertama saldo di rekening saya kurang dari 500.000, maka dibulan berikutnya saldo rekening saya akan didebit sebesar 1.000.000, yaitu untuk bulan pertama dan bulan kedua sekaligus. Namun, jika pendebetan gagal dilakukan 3 bulan berturut-turut atau dalam artian dalam 3 bulan tersebut dana di rekening selalu kurang dari nominal yang ditentukan, maka rekening Tahapan berjangka Anda secara otomatis ditutup dan dana Anda akan ditransfer kembali ke rekening sumber dana Anda tanpa pemotongan sepeserpun. Tambahan, Anda tidak akan dikenakan biaya tambahan jika gagal debet.
  8. Anda bisa mendaftar rekening tahapan berjangka jika usia Anda minimal 12 tahun.

Menurut saya ini salah satu produk wajib yang harus didaftarkan oleh nasabah yang ingin menabung dan menghindari mereka untuk menarik dana yang mereka miliki sebelum waktunya, karena ada beberapa orang yang mudah tergoda untuk menarik duit ataupun belanja jika mereka memiliki saldo  lebih di rekening. Kalau kata CS nya sih “nabung paksa”, jadi memang setiap bulan kita dipaksa menabung rutin dengan nominal yang sama dalam kurun waktu tertentu. Ini sangat memudahkan bagi Anda yang memiliki impian untuk membeli sesuatu atau mungkin untuk biaya pendidikan anak di masa depan. Anda bisa menyesuaikan jumlah dana yang anda ingin setor per bulan sesuai dengan kemampuan/penghasilan dan target Anda sendiri. Misalnya dalam kurun waktu 20 tahun dari sekarang Anda ingin memiliki rumah pribadi dengan perkiraan harga 500.000.000, maka setiap bulan anda harus menyetor sebesar kurang lebih 4.500.000 setelah Anda mengkalkulasi bahwa jumlah tabungan Anda tidak akan berdampak negatif ke pengeluran rutin Anda per bulan.

Akhirnya saya pun memutuskan mendaftar Tahapan Berjangka dan bisa membawa langsung sebuah tas laptop cantik. Saya pikir, mendaftarkan tahapan berjangka tidak memiliki kerugian apapun, malah sangat bermanfaat dan menguntungkan, selain itu, fitur dan ketentuannya tidak memberatkan sedikitpun. Untuk info selengkapnya, Anda bisa mengunjungi official website BCA langsung.

15 Comments

  1. amsah

    Halo mba .
    Ada hal yang ingin saya tanyakan.
    Kira kira kalau kita buka tabungan berjangka sekarang. Apa saldo yang ada di rekening utama langsung di tarik untuk bulan ini atau untuk bulan depan yah ?

    1. putrinuzulil

      Halo mba amsah.. langsung ditarik di bulan mendaftar mbak.. nanti dari pihak bank akan menanyakan tanggal rutin autodebet, jadi bisa disesuaikan dengan kapan yang diinginkan, misalnya setelah tanggal gajian. semoga membantu 🙂

      1. amsah

        Terimakasih mba 🙂
        Mau rencana buka tabungan tahapan berjangka aku ^^

        1. putrinuzulil

          Iya mba, banyak keuntungannya kok, jadi kepaksa menabung hehe

    2. fika

      iyaa daftar di bulan pertama pas km datang d bca itu nantinya akan d potong 500rb. selanjutnya akan d potong pada bulan2 berikutnya sesuai kesepakatan tgl brp nya itu

  2. yuli

    Mbak, gimana cara mengecek saldo tabungan berjangka bca?
    Soalnya saya baru mulai 2bulan ini..

    1. putrinuzulil

      Kalo mau liat lewat internet banking.. setelah login klik account information, lalu klik tahapan berjangkan mba.. lgsg keliatan saldo yg sudah terakumulasi beserta info lainnya.. semoga membantu 🙂

  3. ida

    mba, saya baru ikutan tabungan berjangka nih dan ambil masa tabungan 1 tahun.
    setelah masa tabungan berakhir, apakah dana yang ditransfer balik ke rekening kita akan utuh? misalkan perbulan saya ikutnya yang Rp. 500,000 untuk 1 tahun. apakah saya akan terima rp. 6,000.000? dan tidak ada potongan apapun?

    1. putrinuzulil

      iyaaa.. secara otomatis akan ditransfer kembali ke rekening kita mba dengan jumlah utuh plus bunga.. tahapan berjangka alhamdulillah tidak ada beban biaya administrasi apapun.. jadi tidak kepotong sepeser pun.. semoga membantu

    2. YULIANA

      ada potongan mba. dipotong pajak bunga

  4. Nurlina

    Mba saya mau tanya,saya sudah bikin tahapan bca berjangka dan saya Ingin menabung lebih dari yang sebelum nya.
    Itu liat liat nomor rekening nya dimana ya?

  5. Zulianti

    Klo tanggal auto debet tanggal 3 jatuh tempo tanggal 3 juga ndak pas pengembalian uangnya

    1. Putri

      Setau saya iya mba

      1. hani

        mba saya mau tanya? saya kan udah buat tabungan tahapan berjangka dan sekarang adalah tanggal jatuh temponya di inquity tahapan berjangka tapi ko udh jam 17.15 WIB belum juga di transfer dari pihak bank apakah saya harus nunggu sampe besok atau kompirmasi lagi ke bank tersebut

      2. ellyso

        mbak kalo jatuh tempo tgl 30 tp kita auto debetnya tgl 4 …pengemablian dananya ikut yg mna mbak

Leave a Reply

Required fields are marked*