How I Get Rid of Laziness and Procrastination

Personal

Tadi sore, saya iseng buka instagram untuk sekedar melihat postingan-postingan orang. Lalu saya menemukan salah satu postingan Merry Riana yang “ngena” banget dengan kondisi saya saat itu.

Jangan menunggu termotivasi baru mengambil tindakan, tapi ambil tindakan sekarang juga, maka kamu akan termotivasi.

Memang tadi sore mood saya sedang tidak baik karena dikejar banyak deadline. Setelah membaca postingan dari Merry Riana, yang tadinya saya asyik selonjor di atas kasur, langsung bangkit beresin kamar yang acak-acakan banget, hehe. Emang salah satu yang sangat mempengaruhi mood itu adalah kenyamanan penglihatan kita terhadap sekitar, kalau kamar atau workplace lagi berantakan, otomatis mood juga langsung memburuk.

Back to the Topic

Saya pribadi memang orangnya sangat sulit untuk memulai sesuatu, padahal sebenarnya kalau udah dilakuin, bakal ngerasa nyaman dengan sendirinya. Syukur banget akhirnya saya bisa menemukan salah satu quote Merry Riana tersebut yang bisa memaksakan saya untuk gerak, tanpa pikir dua kali.

Sebenarnnya powernya darimana sih?

Tentu kita pernah dong ngerasa gak mood, males, atau gak semangat untuk ngelakuin berbagai hal? Padahal deadline kerjaan uda numpuk, jadwal atau planning hari itu uda dibikin, tapi malah keenakan nonton tv, tidur-tiduran, atau terlena sama handphone. Ini sih uda bisa dibilang penyakit semua orang kan ya.

Seringkali kita beranggapan bahwa kalau mau ngerjain sesuatu harus ada motivasi dulu biar kerjaan bisa diselesaikan secara optimal. Padahal kalau kita nunggu motivasi itu dateng, keburu waktu habis dan akhirnya gak ada yang beres.

Tapi sebenarnya kalau mau, penyakit mood-moodan itu bisa diubah dengan cara memaksakan ngelakuin apapun tanpa mikir dua kali, langsung kerjain aja apa yang emang uda jadi tugas kita, pengalaman saya memang motivasi dalam mengerjakan sesuatu itu datang dengan sendirinya ketika kita sudah “memaksakan” untuk memulai sesuatu. Jangan kebanyakan mikir, itu intinya, kalau kebanyakan mikir, waktu akan terus berjalan dan akhirnya kita nyesal, gak ada satupun tugas yang terselesaikan.

Modalnya cuma PAKSA + gak mikir dua kali. Kalau uda ngelaksanain dua trik itu, percaya deh, ntar bakal happy sendiri karena berbagai kerjaan kelar. Saya sendiri biasanya saat malam hari bakal ngerasa seneng banget kalau berbagai planning saya hari itu terselesaikan dengan lancar, percaya atau gak, ketika saya bisa mengalahkan mood saya sendiri, saya merasa puas banget, kayak ngerasa menang karena berhasil ngalahin hasutan setan buat selonjoran, nonton TV, main game, atau lainnya, hehe.

Tidur saya pun jadi lebih nyenyak, saat malas itu dateng, saya berusaha alihin pikiran dengan memikirkan kenikmatan tidur saya nantinya ketika berbagai kewajiban dan tanggung jawab saya pada hari tersebut terselesaikan. Saya sering banget resah ketika mau tidur karena kerjaan saya gak ada yang beres, jadinya saya serba salah untuk tidur, akhirnya saya tidur larut walaupun tidak ada juga yang bisa saya selesaikan karena tubuh saya sudah lelah, pola ini berlanjut lagi keesokan harinya, karena tidur telat, akhirnya bangun kesiangan dengan mood yang buruk, jadi gak produktif, dan akhirnya kerjaan juga gak beres lagi.

Solusinya gimana?

Saat saya sudah terlanjur menjadi deadliner pada hari tersebut dan baru menyesal pada malam hari, saya berusaha untuk memaafkan diri sendiri dan berdoa serta berusaha agar hari esok lebih baik daripada hari ini, saya akan  memaksakan untuk tidur, supaya apa? supaya besok saya bisa bangun tepat waktu dalam keadaan fresh lagi, walaupun terbersit sesal karena kelalaian saya di hari tersebut, tapi keesokan harinya otomatis otak saya bisa diajak kerja sama lagi, pagi hari itu waktu yang paling waras, jadi saya berusaha tidak membuang-buang waktu saya di pagi hari.

Jam 4 biasanya saya sudah bangun, solat dan mengaji, lalu sampai jam 6 pagi biasanya saya isi dengan membaca buku atau menonton video inspiratif di youtube. Ini manjur banget untuk bikin mood saya jadi semakin baik. Jam 6 teng baru saya lanjut beraktivitas.

Minimalist Youtubers that Inspire Me

My Favourite Beauty-Lifestyle Bloggers from Indonesia

Rekomendasi Youtube Healthy Lifestyle Vlogger

Saya pribadi sangat mempan dengan cara ini. Kalau malas mulai dateng, saya berusaha mikir konsekuensi yang harus saya hadapi malamnya dengan penyesalan-penyesalan tersebut.

Gak setiap saat memang cara ini mempan, tapi saya semakin merasa perubahan itu semakin terasa kepada diri saya selama ini semenjak mempraktekkannya langsung. Mungkin kamu punya cara sendiri, atau mau coba cara saya? Silahkan, semoga bermanfaat ya 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.