Detoks Cuka Apel Jeruk Jahe

My Morning Detox Ritual

HEALTH

Kali ini saya ingin share salah satu cara saya untuk detoksifikasi tubuh sehari-hari, yaitu dengan mengonsumsi segelas minuman hangat dari perasan jeruk, lemon, atau jeruk nipis yang dicampur dengan parutan jahe.

Jahe adalah akar-akaran yang sudah sangat terkenal di dunia dalam kemanjurannya dalam berbagai pengobatan, terutama sebagai anti-inflamatory atau anti radang dan sifatnya yang mampu memperlancar sistem pencernaan serta memperkuat sistem metabolisme tubuh, sehingga tubuh lebih mampu menyerap nutrisi yang dihasilkan dari makanan yang kita konsumsi. Sedangkan jeruk, lemon, dan jeruk nipis kaya akan vitamin C yang mengandung antioksidan yang berguna untuk membantu mengeluarkan zat racun dari tubuh dengan cara membersihkan usus dari racun.

Saya biasanya mengonsumsinya setelah bangun tidur saat perut masih kosong. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk detoksifikasi setelah tubuh kekurangan cairan semalaman akibat proses pemulihan saat tubuh beristirahat. Ini waktu yang tepat untuk membersihkan sisa metabolisme semalaman. Seringnya setelah saya minum minuman ini, saya lebih mudah buang air besar setelahnya dan memang minuman ini sangat bagus untuk memperlancar pencernaan. BAB memang sangat dianjurkan untuk dilakukan setiap hari untuk membuang sisa kotoran hasil metabolisme hari sebelumnya. Untuk itulah kita harus memnacing kotoran tersebut keluar dengan cara detoksifikasi.

Biasanya orang-orang mengawali hari dengan meminum kopi yang dicampur gula. Kopi sendiri mengandung caffeine yang mampu meningkatkan intensitas keluarnya urine atau cairan dari tubuh. Padahal pagi hari, tubuh memerlukan banyak cairan untuk mengeluarkan racun agar lebih fit menjalani aktivitas seharian. Biasanya juga tubuh langsung terjaga setelah meminum segelas air ini. Bagi Anda yang kurang suka plain water, Anda bisa mencoba resep minuman ini untuk menambah rasa minuman Anda.

Tak hanya itu, seringkali setelah mengonsumsi minuman ini, saya jadi mudah buang angin, mungkin karena kandungan jahe yang saya tambahkan di dalamnya. Perut pun menjadi tidak panas, nyaman, dan mood menjadi lebih baik.

Kadang kalau memang saya tidak mempunyai stok jeruk, jeruk nipis atau lemon di rumah, saya menggantinya dengan cuka apel, lebih praktis dan mudah.

Membuatnya pun sangat mudah dan tidak memakan waktu lama, hanya memeras jeruk, lemon, atau jeruk nipis dan memarut seruas jari jahe, lalu melarutkannya dengan air hangat, sangat membantu untuk mem-boosting mood di pagi hari.

Itu saja sharing kali ini. Selamat beraktivitas 🙂

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *