skin care natural organik

My Natural Ways To Maintain Healthy Skin

Beauty

Memiliki kulit yang sehat tentu merupakan investasi jangka panjang. Hampir semua wanita menginginkan kulit yang sehat dan tentunya semua harus dibarengi dengan kiat-kiat rutin dalam merawat kesehatan kulit. Untuk itu perlunya komitmen keras bagi kita untuk mulai memperhatikan rutinitas perawatan kulit dari luar dan dalam. Tidak hanya bergantung dengan skin care saja, namun perlu dibarengi dengan gaya hidup sehat juga tentunya. Berikut saya paparkan beberapa rutinitas yang perlu kita biasakan yang mendukung untuk memiliki kulit sehat yang menjadi idaman setiap orang.

Daily

Mencuci Wajah dan Memakai Moisturizer

produk aesop

Bagi saya, mencuci muka adalah bagian terpenting dari rutinitas perawatan wajah. Kulit yang kotor itu merupakan sarangnya kuman dan bakteri, kulit akan mudah sekali berjerawat dan berkomedo ketika kotoran menyumbat pori-pori. Walaupun keseharian kita tidak bermakeup, atau kita hanya berdiam diri di rumah seharian, mencuci wajah itu hukumnya tetap wajib. Kulit wajah bisa saja terkontaminasi kuman yang berasal dari tangan, sarung bantal, telpon seluluer, dsb.

Mulailah membiasakan diri untuk mencuci wajah dua kali dalam sehari, yaitu di pagi hari dan sebelum tidur. Tidak perlu terlalu sering, karena malah membuat kulit menjadi semakin kering dan justru meningkatkan produksi minyak di wajah. Mencuci wajah berguna untuk menyiapkan kulit kita untuk perawatan wajah dari skin care yang kita gunakan selanjutnya. Kotoran yang menyumbat di dalam pori-pori apabila tidak dibersihkan akan memicu timbulnya jerawat, blackheads, dan whiteheads. Setelah itu, baru lanjutkan dengan menggunakan produk perawatan lainnya.

Jangan Melupakan Sunscreen

Percayalah, perawatan kulit sampai jutaan rupiah pun tidak akan membuahkan hasil jika kita tidak melindungi kulit dari sumber utama kerusakan kulit, yaitu paparan sinar matahari dan polusi lingkungan. Pakailah sunscreen setiap setelah menggunakan moisturizer, walaupun kondisi sekitar tidak terlalu terik atau kita tidak berada di luar ruangan sekalipun, tetaplah memakai sunscreen diatas jam 9 pagi, karena UVA dan UVB bisa menembus sampai dinding rumah sehingga sinar tersebut bisa masuk ke dalam ruangan juga. Saya sendiri menggunakan suncreen natural dari brand badger untuk sehari-hari.

Membiasakan Gaya Hidup Sehat

Perawatan mahal dari luar namun jika tidak dibarengi dengan perawatan dari dalam tidak akan membuahkan hasil yang maksimal. Langkah paling sederhana yang dapat kita lakukan adalah dengan meminum air putih yang banyak dan rutin setiap beberapa jam. Hal ini berguna untuk menghidrasi kulit setiap saat untuk menghindari kulit menjadi kering.

Langkah lain yang harus dibiasakan adalah mengubah pola makan awut-awutan dengan clean eating yang mana kita sebisa mungkin mengindari makanan yang diproses secara berlebihan, seperti fast food. Sayuran dan buah-buahan sangat membantu mendetoks racun di dalam tubuh, racun itulah yang menjadi pemicu munculnya jerawat di kemudian hari. Saya sering banget lihat orang-orang yang rajin makan sayur kulitnya jadi glowing banget, ketika saya mulai membiasakan makan yang “benar”, rupanya itu juga berefek pada kulit saya. Tipe kulit saya itu kering, walaupun udah pakai lotion di badan ataupun pelembab di muka tapi tetap saja kalau kurang minum dan jarang makan sayur, kulit saya jadi terlihat kusam dan kering.

Selain itu, jangan lupa untuk tidur selama 6-8 jam per hari. Mungkin kita sering bertanya apakah hubungan antara kurang tidur sebagai penyebab munculnya jerawat. Basically, orang-orang yang kurang tidur beresiko munculnya stress. Stress sendiri dapat memicu kelenjar adrenalin untuk memproduksi hormon androgen secara berlebih yang merupakan pemicu timbulnya jerawat. Selain kelenjar adrenalin, stress juga dapat memicu meningkatnya inflamasi sitokinin yang menyebabkan peradangan pada jerawat. Tak hanya itu, stress juga menyebabkan menurunnya sistem kekebalan tubuh sehingga penyembuhan jerawat akan memakan waktu yang relatif lama. Jadi, hiduplah dengan positif, tak hanya jerawat yang mangkir, aura wajah kita pun menjadi lebih bersinar. Kelihatannya memang ini sederhana, tapi saya sudah membuktikan sendiri, kalau sering begadang, kulit saya jadi gak mulus.

Weekly

Exfoliating

Exfoliating sangat membantu untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang mengendap di kulit sehingga dapat membersihkan wajah secara menyeluruh. Exfoliating secara rutin minimal seminggu sekali dapat membantu mencerahkan kulit, menghindari timbulnya jerawat, dan membantu melancarkan sirkulasi darah di wajah jika dibarengi dengan pijatan yang benar. Saya biasanya menggunakan scrub wajah 2-3 kali dalam seminggu, biasanya setelah scrubbing, saya memakai masker, nutrisi yang ada pada masker pada akhirnya akan bekerja optimal di kulit karena tidak ada kotoran yang menghalangi penyerapan nutrisi tersebut ke dalam kulit. Sayang banget, kalau masker atau mungkin serum/moisturizer mahal yang kita pakai malah sia-sia karena gak sampai secara optimal ke dalam kulit.

Memakai Masker

Treatment ini bisa kita gunakan minimal sekali dalam seminggu untuk memanjakan wajah kita dari stress dan meningkatkan produksi kolagen di dalam kulit untuk menghindari penuaan dini. Kamu bisa mencocokkan jenis perawatan dan ingredientsnya sesuai kebutuhan kulit kamu.

relax baca buku

Weekend itu jadi ajang me time saya untuk beristirahat, maskeran sambil membaca buku dan ditemani dengan segelas teh hangat adalah aktivitas favorit saya setelah mengarungi seminggu penuh dengan berbagai pekerjaan yang melelahkan.

Exercise

Mungkin kita berpikir workout, gym, atau sekedar jogging di pagi hari tidak berpengaruh apapun terhadap kulit. Namun, kenyataannya latihan rutin sangat membantu dalam mengencangkan kulit dan mengurangi stress yang berpengaruh secara tidak langsung terhadap kesehatan kulit kita. Mulailah melakukan olahraga rutin di sela-sela kepadatan waktu kita, tidak hanya bermanfaat untuk kulit juga sangat baik untuk kesehatan tentunya. Kalau saya berusaha membiasakan ke kampus dengan berjalan kaki yang jarak tempuhnya bisa memakan waktu 30 menit, itu bentuk aktivitas sederhana yang bisa saya lakukan, mungkin kamu punya cara lain untuk mengakali berolah raga di sela-sela aktivitas. Intinya adalah bergeraklah aktif, jangan hanya statis di tempat duduk selama berjam-jam.

Clean Your Tools

Rajin-rajinlah membersihkan telepon seluler kita dan mengganti sarung bantal minimal seminggu sekali. Ketika  menempelkan telepon genggam di telinga, secara tidak langsung akan bersentuhan dengan pipi, sedangkan seperti yang kita ketahui, telepon genggam terkontaminasi dengan kuman-kuman yang ada ditangan. Sedangkan sarung bantal sendiri bersentuhan langsung dengan rambut kita yang bahkan tidak terjamin kebersihannya karena sudah terkontaminasi dengan debu, polusi, dan berbagai kotoran yang berasal dari rambut, apabila kita tidur di bantal tersebut, bukan hal yang mustahil kotoran tersebut akan lanjut terkontaminasi bagian wajah kita. Selain itu, membersihkan brush make up secara rutin harus dilakukan untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang lengket di brush tersebut.

Kesehatan kulit secara langsung sangat berkaitan dengan kesehatan tubuh, maka jika kita menginginkan kulit yang cerah, bersinar, dan terawat, mulailah dengan mengubah gaya hidup kita secara perlahan. Ubah kebiasaan makan yang sembarangan, jaga kebersihan sekitar, disiplin dalam merawat kulit, dan stay active!

Semoga sharing kali ini bermanfaat ya 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.