Grocery Haul, HEALTH, Healthy Lifestyle, Recipes

Membuat Meal Prepping dalam Seminggu

Untuk mempermudah saya konsisten menjalani hidup sehat di tengah kesibukan kuliah, saya mengakalinya dengan melakukan meal preparation setiap minggunya. Biasanya saya berbelanja untuk keperluan makanan dalam seminggu pada hari sabtu atau minggu. Namun sebelumnya, saya terlebih dahulu membuat shopping list sesuai dengan meal plan saya selama seminggu ke depan.

grocery haul

Minggu : Tumis Tempe Kacang Panjang

Senin : Tumis Pare + Tahu Goreng Tepung Veggie

Selasa : Tumis Sawi Putih Wortel + Tempe Balado

Rabu : Tumis Kacang Panjang + Tahu Gejrot

Kamis : Tumis Sayur Labu Wortel + Tempe Goreng

Jumat : Tumis Pare + Telur Balado

Karena memang saya tipikal orang yang hanya memiliki sedikit waktu luang untuk memasak, maka dalam satu hari saya akan memasak satu menu langsung dalam jumlah yang cukup untuk makan pagi, siang, dan malam, dan sejauh ini saya tidak terlalu bermasalah dengan hal itu.

meal prep for one week

Setelah selesai belanja berbagai bahan makanan, saya akan memotong atau mencincang berbagai bahan yang diperlukan selama seminggu tersebut sesuai kebutuhan, lalu menaruhnya dalam ziplock sesuai kategori, dan memasukkannya ke dalam kulkas untuk menjaga kesegaran bahan makanan tersebut. Hal ini untuk memudahkan saya dalam mengolah makanan di pagi hari dengan waktu yang sangat sedikit.

Memang kalau ingin hidup sehat, harus ada pengorbanan yang harus dikeluarkan, dari segi biaya, perubahan pola makan, hingga waktu luang sekalipun. Namun tentu hasilnya seimbang dengan kesehatan yang diperoleh, tak hanya itu, tubuh akan lebih fit, positif, dan semangat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Leave a Reply

Required fields are marked*