Better Me, Personal

Rumus Hidup bahagia, Memahami Hidup Lebih Baik

Melihat masa lalu, aku jadi sadar bahwa hidup bagaikan puzzle tanpa gambar di kotaknya. Kita menyatukan potongan-potongan yang cocok, tapi perlu beberapa lama untuk mengetahui gambar apakah itu.

Chicken Soup for Entrepreneur Soul

Seberapa sering kita bingung dengan keadaan yang sedang kita hadapi?

Seberapa sering kita mempertanyakan aku harus melakukan apa setelah ini? Apa yang harus kuputuskan?

Dan seberapa sering juga kita mempertanyakan, bagaimana kalau aku salah mengambil keputusan?

Saya akhirnya hanya bisa mengatakan ini dan insya Allah ini juga yang diperintahkan oleh Allah SWT.

Ikhtiar dan Tawakal = Berusaha dan Pasrah

Let your heart trust Allah alone to take care of the things you can not understand

Manusia itu serba terbatas, cara berpikirnya pun terbatas. Mari kita flashback ke masa lalu, seberapa sering pertanyaan-pertanyaan yang membingungkan kita akhirnya satu per satu terjawab seiring dengan berjalannya waktu.

Karena terkadang jawaban tidak selalu datang secara langsung saat itu juga. Kadang kita harus menunggu untuk memahami secara perlahan jawaban yang Allah berikan dalam bentuk pembelajaran-pembelajaran hidup.

Tugas kita hanya berikhtiar. Saat kita bingung harus memilih apa, maka ikuti saja kata hati, karena terlalu banyak berpikir juga hanya akan membuat kita semakin bingung dengan kemungkinan-kemungkinan yang kita buat, ikuti saja intuisi kita.

Setelah itu bertawakallah kepada Allah, kelak Allah lah yang akan menuntun satu per satu jalannya kepada kita untuk mencapai pemahaman tersebut, mungkin dipertengahan itu akan ada banyak pembelajaran baru yang membuat kita semakin paham dan memperkaya kepribadian kita sehingga kita tau cara menempatkan diri di berbagai kondisi.

Untuk segala sesuatu yang tidak bisa kita prediksi, masa depan contohnya, berusahalah sebaik yang kita bisa, lalu pasrahkan segala sesuatunya pada Allah, karena buah usaha yang gigih tidak pernah sia-sia, kita hanya perlu berprasangka positif atas ketetapan Allah.

Satu per satu puzzle itu kita temukan, kita satukan seiring berjalannya waktu sampai pada saat tertentu, puzzle itu akan menyatu sempurna, dan saat itulah jawaban akan pertanyaan, kebimbangan, dan keresahan kita akan menghasilkan titik terang.

Yang masih dibingungkan dengan jodoh, jalani saja kehidupan dengan baik, dalam pertemua-pertemuan dengan banyak orang, dalam berbagai aktivitas baru yang kita jalani, mungkin saja salah satu diantara mereka adalah pasangan untuk tulang rusuk kita nantinya. Biarkan Allah yang menuntut langkah per langkahnya.

Saat kita bingung, ikuti kata hati, berusahalah semaksimal mungkin, dan pasrahkan pada Allah SWT. 🙂

Leave a Reply

Required fields are marked*