kebiasaan pagi produktif

Simple Healthy Morning Habits to Boost Your Mood

HEALTH Personal

Belakangan ini saya membiasakan diri untuk bangun lebih awal supaya bisa mengerjakan aktivitas atau tugas saya yang belum terselesaikan, karena pada dasarnya saya bukan tipikal orang yang kuat begadang semalaman, alhasil saya mensiasatinya dengan bangun lebih awal. Namun bukan berarti ketika saya bangun saya akan langsung merasa bahagia dan siap menjalani aktivitas seharian, kadang muncul rasa malas atau pikiran-pikiran bahwa masih ada cukup banyak waktu untuk mengerjakan tugas-tugas tersebut.

Get Moved

Hal pertama kali yang saya pikirkan ketika mata saya sudah terbuka adalah mengangkatkan kaki dari tempat tidur, saya tidak ingin membiarkan rasa malas saya berujung pada tugas saya yang tidak terselesaikan. Mungkin ini hal yang berat di saat kita masih berada di alam setengah sadar, namun cara ampuhnya adalah PAKSAKAN!, jangan pikir dua kali sebelum pikiran kita menyuruh kita untuk tetap membenamkan kepala kembali di bantal yang empuk, wake up and take a breath.

Drink a Glass of Water

Seperti yang pernah saya bahas pada artikel sebelumnya, minum air putih segera setelah bangun tidur sangat manjur untuk membangunkan sel-sel saraf kita, kandungan oksigen dalam air dapat mengalir ke otak sehingga pikiran kita menjadi lebih jernih. Minum air putih juga berfungsi untuk membersikan sisa metabolisme tubuh yang terjadi semalaman ketika kita tidur dan menghindari tubuh dari dehidrasi karena semalaman tanpa mengonsumsi air sedikitpun.

Don’t Touch Your Phone

Maksud saya adalah jangan langsung mengecek email, mengecek notifikasi line, whatsapp, atau sarana komunikasi lainnya yang berisi berbagai tugas atau kegiatan yang harus Anda kerjakan. Saat bangun tidur, mood cenderung tidak stabil, akan lebih baik anda tidak merusak mood anda duluan di pagi hari dengan berbagai deadline tugas, persiapkan diri anda terlebih dahulu untuk melakukan “me time” di pagi hari untuk produktivitas kerja anda setelahnya. Sebaliknya, Anda bisa mengecek tumblr, instagram, atau media sosial lainnya yang berisi quotes atau cerita inspiratif sebagai morning booster sehingga anda lebih bersemangat dan termotivasi untuk menjalani hari anda.

Eat a Healthy Breakfast

sarapan pagi sehat
www.unsplash.com

Sarapan adalah kunci utama dalam kesiapan Anda beraktivitas setelahnya. Jika mood sudah bagus namun tidak dibarengi dengan energi yang cukup sama saja anda akan berujung dengan rasa loyo dan malas. Namun bukan berarti anda bisa bebas menyantap apa saja tanpa tau nutrisi apa yang terkandung di dalam makanan tersebut, akan lebih baik anda menyantap makanan yang memiliki karbohidrat yang cukup, tinggi serat, vitamin, dan protein. Misalnya oatmeal, smoothie campuran pisang dan sayuran, atau alternatif lain. Anda bisa membaca artikel saya “Manfaat Sarapan Pagi untuk Produktivitas Harian” untuk detailnya.

Read Inspirational Contents

Saya selalu menyediakan waktu di pagi hari untuk membaca buku inspiratif, membaca artikel bermanfaat di luar kerjaan, atau menonton video youtube yang membangkitkan rasa positif. Cukup membantu untuk menenangkan pikiran saya dan menularkan mood baik kepada diri saya untuk semangat menjalani hari dengan penuh kesadaran. Anda juga bisa mulai menulis jurnal menyampaikan harapan dan aspirasi Anda untuk kebaikan hari tersebut. Percaya saya, rasanya Anda menyambut hari dengan penuh damai dan bahagia, saya sudah mempraktekkannya sendiri.

Move Your Body

Cobalah untuk berjalan kaki ke tempat kerja atau tempat tujuan Anda jika waktu dan jarak memungkinkan. Udara pagi sangat baik untuk kesehatan dan dapat menjernihkan pikiran anda sehingga mood menjadi lebih baik. Tak hanya itu, dengan rutinitas yang padat, berjalan kaki ke kantor atau sekolah merupakan alternatif pilihan ketika Anda tidak sempat berolah raga. Jika memang tidak memungkinkan, tak apa, sambil mengendarai mobil atau sambil duduk di dalam transportasi umum, lihat sekitar, lihat wajah orang-orang, syukuri keadaan Anda hari ini, tarik nafas, jauhkan aura negatif dari sekitar Anda, jangan buat hari Anda negatif karena jalanan macet, karena melihat orang marah-marah atau terlambat sampai ke tempat tujuan, berikan aura positif pada orang lain.

Say Your Morning Prayers

Ini adalah salah satu hal yang sangat ampuh untuk menstabilkan mood Anda, ketika Anda berdoa kepada Tuhan maka di saat itulah hati dan pikiran Anda bersatu. Anda menyerahkan segala sesuatu yang terjadi dalam hari ini kepada Nya, berharap segala sesuatunya dilancarkan, berjalan sesuai yang diharapkan, tidak membuang-buang waktu, dan bersemangat sepanjang hari. Karena nyatanya kita adalah milik Nya, Dia lah yang Maha membolak-balikkan hati, maka kepada Nya lah kita berharap mendapatkan ketenangan hati, terhindar dari rasa panik, was-was, dan berbagai pemikiran negatif.

Apabila Anda memiliki waktu yang cukup banyak, saya sangat menyarankan untuk menjadikan waktu pagi untuk kegiatan “me time” Anda sebelum menghadapi setumpuk pekerjaan berat. Ini cukup bermanfaat untuk membuat Anda tetap waras dan positif dengan kegiatan Anda yang luar biasa banyak.

Sebelum anak Anda bangun, sebelum Anda menghadapi mata kuliah berat, sebelum Anda dikejar banyak deadline pekerjaan, berilah waktu untuk diri sendiri dengan bangun lebih pagi dan mengerjakan hal-hal yang Anda sukai. Jangan terburu-buru, slow down, dan nikmati hari ini.

Semoga tulisan ini bisa membangkitkan mood Anda ya. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.