intuitive eating indonesia

Mengenal Intuitive Eating, Solusi Diet Sehat

HEALTH

Sejujurnya akhir-akhir ini, saya sedikit “gemas” dengan orang-orang disekitar saya yang sedang menjalankan program diet mereka.

Saya gemas karena menurut saya cara diet mereka bisa dibilang salah kaprah.

Makan hanya satu porsi sehari, sering skip sarapan dan makan malam, tak hanya itu, mereka terlalu menganggap horor makanan-makanan yang mereka anggap tidak sehat yang dapat mengagalkan program diet mereka.

Menurut saya, dari segi pemikiran dan cara mereka melakukan diet sudah salah besar.

Skip sarapan? duh, percaya saya, mau aktivitas apapun setelahnya gak akan bisa konsentrasi karena gak ada nutrisi yang masuk ke tubuh, mikir aja butuh tenanga, dan tenaga itu didapat dari hasil metabolisme makanan yang sudah masuk ke tubuh.

Skip makan malam? kalau emang malam hari kamu butuh aktivitas berat, mengerjakan tugas kuliah, dan lain-lain? lantas darimana energi tubuhmu yang bisa dimanfaatkan, tubuh jadi loyo dan produktivitas malah jadi menurun.

Belum lagi kalau memang kita dihadapkan pada situasi yang memang di sekitar kita tidak ada alternatif pilihan makanan sehat sedikitpun, lantas apakah kita masih mempertahankan kehororan kita pada makanan tersebut?

Pemikiran seperti ini yang salah. Alangkah baiknya kita memiliki sudut pandang yang positif terhadap makanan.

Sebelumnya, saya sudah pernah menjelaskan secara singkat mengenai pola makan Intuitive Eating disini. Mungkin Anda bisa terlebih dahulu membaca tulisan tersebut.

Belajarlah memahami prinsip-prinsip tentang rasa lapar, kenyang, serta perasaan diri akan makanan dan tubuh.

Lupakan tentang diet, tapi belajarlah untuk mulai menjalankan hidup sehat, percaya atau tidak, tubuh yang langsing akan menjadi bonus dari hidup sehat yang kita jalani. Saya pribadi membuktikannya, walaupun tidak bisa dibilang langsing, tapi berat badan saya jauh menurun dibandingkan sebelumnya saat saya SMA, yaitu semenjak menjaga pola makan saya, dan beberapa teman saya notice dengan perubahan itu.

Kebanyakan orang-orang menjalani diet itu hanya sesaat. Mereka melakukan diet mayo dengan memesan cathering yang harganya super mahal hingga seminggu dan berhasil menurunkan berat badan beberapa kilo. Pertanyaan saya, sampai kapan akan seperti itu? Apakah setelah seminggu penuh tersebut kita akan kembali ke pola makan awal kita yang tanpa batasan? Lalu apakah kita mempunyai budget yang segitu banyaknya sampai selalu memesan cathering untuk diet selamanya? Mungkin jika Anda adalah seseorang yang berada di kalangan menengah ke atas, itu bukan jadi masalah, namun alangkah lebih baik jika pemikiran kita, kita ubah dan menyalurkan uang tersebut ke hal lain yang lebih bermanfaat.

Mulailah hidup sehat dari sekarang, jadikan itu sebagai lifestyle. Di artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan tentang intuitive eating. Makanlah ketika kita lapar, berhentilah sebelum kenyang, tapi dengan garis bawah, makanan yang kita makan adalah real food atau makanan yang minim proses olah atau masak, dan masih kaya nutrisi.

Lalu, bagaimana jika di sekitar kita tidak ada alternatif makanan sehat lain? Jangan langsung memandang horor, nikmati saja, dan pandanglah positif makanan tersebut. Sembari setelahnya kita mendetokskan diri dengan memperbanyak makan sayur dan buah. Jangan terlalu memaksakan diri, be balance, pasti ada waktu-waktu tertentu dimana kita tidak bisa me-maintain selalu pola makan kita, mungkin saat pikiran kita sedang kalut dan tidak bisa berpikir tenang atau situasi tidak mendukung untuk menemukan alternatif sehat lainnya.

Bangun hubungan yang baik dengan makanan, jangan memusuhinya, sembari berdoa bahwa apa yang kita makan semoga bisa memberi manfaat kepada tubuh kita, karena apa yang kita makan tentunya juga untuk memberi makan sel-sel tubuh kita agar bisa berfungsi dengan baik.

Jika memang Anda lapar, maka makan saja makanan yang baik untuk tubuh Anda, yang sehat, yang bersih, dan diolah dengan cara yang benar.

Nikmatilah apapun yang Anda makan, hindarilah rasa sesal berlarut-larut karena terlanjur memakan gorengan. Sebaliknya, setelahnya alihkan pikiran Anda langsung dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk menyeimbangkan nutrisi dalam tubuh Anda.

Berhentilah sebelum kenyang, lalu beraktivitaslah tanpa diganggu rasa kantuk karena makan terlalu banyak.

Jangan fokus ke bentuk tubuh Anda, tenangkan pikiran, belajar menerima kekurangan Anda, dan ubahlah menjadi energi positif serta mulailah hidup sehat dari sekarang.

Carilah motivasi dengan browsing di google dan youtube, seringlah memberi nutrisi yang baik di pikiran Anda dengan menemukan inspirasi dari orang lain. 🙂

2 thoughts on “Mengenal Intuitive Eating, Solusi Diet Sehat”

  1. Nice. Gue seneng banget ama konten dan gaya menulis lu sist. Keep writing ya. Gue yg isi dikepala banyak tapi ga bisa nulis cuma bisa menikmati tulisan lu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *