Innisfree No-Sebum Mineral Powder Review

Product Reviews

Sempat beberapa bulan lalu saya membaca artikel mengenai bahaya kandungan Talc pada bedak dan setelah saya telusuri, beberapa brand ternama ternyata juga menggunakan talc sebagai kandungan utamanya. Memang kandungan talc yang diduga dapat menyebabkan munculnya kanker dikemudian hari masih menjadi pertanyaan besar dari para peneliti. Salah satu alasannya adalah karena kebanyakan talc, yang merupakan mineral dari bebatuan yang telah melalui proses penggilingan hingga menjadi butiran halus, masih mengandung asbes yang merupakan komponen yang berbahaya bagi kesehatan. Namun, saya sendiri lebih baik menghindari jika memang diluar sana masih ada beberapa produk kecantikan yang berlabel talc-free atau tanpa menggunakan komposisi talc sebagai bahannya.

Salah satunya adalah Miniral Powder dari brand Innisfree asal korea. Bedak ini berbentuk loose powder atau bedak tabur transparan tanpa warna, sehingga jika Anda mempunyai imperfections di bagian wajah, produk ini tidak akan mengcover kekurangan tersebut sama sekali.

Tapi setelah pemakaian beberapa bulan, saya menyadari bahwa bedak ini sangat mengurangi minyak di wajah saya. Jika saya memakainya sebelum berangkat kuliah sekitar jam 7 pagi, saat saya wudhu untuk solat zuhur bedaknya masih terasa di wajah ketika dipegang dan tidak menimbulkan minyak sama sekali, padahal sunblock yang saya gunakan sering membuat wajah saya berminyak, namun ketika mengaplikasikan bedak ini setelah sunblock, wajah saya tidak terlihat mengkilap berlebihan, bahkan kilapan yang dihasilkan cenderung terlihat sehat dan glowing, bukan berminyak.

Memang dari brand Innisfree, produk ini merupakan salah satu bestseller diantara produk yang lain, bahkan diantara varian produk bedak yang dikeluarkan, produk ini merupakan bedak andalan mereka. Dari segi kandungan, selain bebas talc, produk ini juga mengandung bahan yang lebih natural.

Ingredients : SILICA, CORN STARCH MODIF.IED, DIMETHICONE/VINYL DIMETHICONE CROSSPOLYMER, CAPRYLIC/CAPRIC TRIGLYCERIDE, MICA, METHICONE

Jika dilihat dari ingredientas-nya, produk ini memang masih menggunakan silica dan dimethicone yang diduga dapat memicu tumor dan mengendap pada liver. Food and Drug Administration (FDA) telah mengevaluasi keamanan berbagai bahan silica termasuk Dimethicone, tergolong aditif dalam produk kosmetik. Namun ini diimbangi dengan adanya kandungan cornstarch yang menyebabkan kandungan silica dan dimethicone menjadi tidak terlalu dominan.

Starch obtained from corn and sometimes used as an absorbent in cosmetics instead of or alongside talc. Generally, in powders corn starch lends a silky but dry feel and some find it is better at absorbing excess oil without looking cakey than pure talc-based powders. Cornstarch is also used as a thickening agent in skin-care products.

Source : http://www.paulaschoice.com

Pati yang diperoleh dari jagung yang bersifat absorbent, sering digunakan dalam kosmetik menggantikan fungsi Talc. Umumnya, cornstarch akan memberikan kesan halus namun kering dan beberapa malah merasa lebih baik dalam menyerap minyak berlebih tanpa menimbulkan cakey daripada bedak berbahan Talc. Cornstach juga sering digunakan untuk mengentalkan tekstur produk perawatan kulit.

Jadi overall, walaupun produk ini masih mengandung beberapa bahan kimia berbahaya, namun kandungannya tidak setinggi bedak dari brand drugstore lain. Saya juga sedang hunting compact powder yang mengandung bahan aman. Setelah saya browsing di ewg.orgsaya terkesan dengan produk Maybelline Fit Me Powder yang memiliki rating terendah dalam kategori membahayakan tubuh sesuai dengan rating EWG. Next time mungkin saya akan mencoba produk maybelline ini setelah bedak innisfree ini habis, saya juga banyak membaca review psoitif mengenai produk ini dari para beauty blogger indonesia, jadi semakin tertarik untuk membeli. 🙂

Saya sudah pernah membahas mengenai EWG sebagai rujukan saya dalam memilih kosmetik disini. Silahkan membacanya lebih lanjut untuk menimbang-nimbang apakah produk kosmetik Anda sudah cukup aman atau belum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *