Rambut Rontok dan Patah

Pengalaman Saya dengan Rambut Rusak Serta Membedakan Hair Fall dan Hair Loss

Beauty

Siapa yang selama ini gak pernah mau manjangin rambut karena takut rontoknya makin parah?

Memang kalau masalah rambut rontok ini hampir semua pernah merasakan ya.

Deskripsi yang sangat singkat yang tertera di label shampoo membuat kebanyakan orang bingung dengan kegunaan shampoo pada umumnya. Tak sedikit dari kita yang akhirnya salah menggunakan varian shampoo sehingga keluhan yang kita alami tidak terobati atau bahkan semakin parah. Kali ini saya akan menjelaskan tentang perbedaan antara hair fall dan hair loss, karena banyak orang masih belum paham perbedaan antara shampoo untuk hair fall dan shampoo untuk hair loss atau bahkan cenderung menyamakan fungsinya.

Hair Fall (Rambut Rontok)

Hair fall merupakan keadaan dimana rambut kita mengalami kerontokan parah yang disebabkan oleh rambut yang patah. Biasanya anda akan menyadari bahwa rambut anda sedang mengalami kerontokan ketika anda selesai menyisir rambut dan melihat jumlah rambut yang rontok di luar batas kewajaran. Hair fall bisa disebabkan karena kondisi rambut yang terlalu kering sehingga tidak kuat dengan bentuk perlakuan yang agak keras, seperti ditarik saat menyisir rambut, sering mengalami hair styling, atau karena kebiasaan-kebiasaan buruk, seperti sering mengikat rambut terlalu kencang. Kita bisa memilih varian shampoo yang memiliki kandungan melembabkan yang tinggi khusus untuk hair fall dan tak lupa dilengkapi dengan memakai conditioner.

Hair Loss (Rambut Lepas/Hilang)

Sebaliknya, hair loss merupakan kondisi dimana rambut semakin menipis dari waktu ke waktu hingga berujung kepada kebotakan. Hal ini terjadi karena kerontokan berasal dari bagian akar, bukan karena patahan di bagian tengah rambut. Normalnya rambut akan lepas dari akar sebanyak 50-100 helai per hari sesuai dengan pejelasan dari Francesca Fusco, MD, seorang dermatologist dari New York yang ahli di permasalahan hair loss ini. Hal ini dikarenakan rambut akan beregenerasi atau digantikan dengan pertumbuhan rambut baru sesuai siklusnya. Namun apabila di luar batas kewajaran, maka tentunya kita perlu perawatan khusus untuk meminimalisasi hilangnya rambut.

Ada baiknya kita mulai menjaga kesehatan rambut dengan merawat kealamian rambut dengan menghindari penggunaan alat hair styling berlebihan, menghindari kebiasaan buruk yang menyebabkan rambut sulit bernafas, dan menghindari stress berlebihan.

Tak hanya itu, apa yang kita makan itu berpengaruh banget juga ke kesehatan rambut kita loh. Saya ngerasa banget selama menjalani pola makan sehat dengan dominan sayuran dan buah, rambut saya lebih mudah diatur dan tidak kelihatan kering.

Memotong rambut sebenarnya tidak menyelesaikan masalah, akan lebih baik kita mencari tau jenis rontok seperti apa yang kita alami dan menyesuaikan dengan produk yang cocok. Rambut rontok dan patah berlebihan itu pertanda ada yang tidak beres dengan kesehatan rambut kita.

Keseharian saya sendiri memang berkerudung, sebisa mungkin kalau di rumah saya tidak mengikat rambut, supaya rambut saya tidak stress dan bisa bernafas setelah diikat dan ditutup seharian penuh.

Selain itu, solusi saya untuk mengurangi rusaknya rambut adalah denngan menggunakan sisir yang terbuat dari bahan kayu. Saya sudah pernah mereviewnya di postingan di bawah ini, silahkan dibaca untuk mengetahui manfaat lengkapnya ya.

Review Bamboo Oval Cushioned Wooden Pin Brush The Body Shop

Review The Body Shop Detangling Comb

Intinya adalah rambut yang ternutrisi dan diperlakukan dengan baik dari dalam dan luar adalah kunci kesehatan rambut. Bahkan kalau mengeringkan rambut saya tidak pernah menggunakan hair dryer, saya selalu mengusahakan mencuci rambut ketika saya sudah pasti akan stay di rumah selama beberapa jam kedepan untuk menunggu rambut saya kering, saya gak pernah mencuci rambut kalau akan berpergian, saya paling sering cuci rambut di sore hari setelah pulang dari beraktivitas atau saat weekend kalau saya stay di rumah. Saya itu bisa dibilang hampir gak pernah styling rambut kecuali saat saya SMP, dulu saya pernah dua kali smoothing rambut dan honestly rambut saya rontok parah dan rusak.

Saat SMA saya memutuskan untuk memangkas rambut saya sampai pendek banget supaya rambut yang rusak tergantikan dengan rambut baru. Namun hasilnya masih kurang memuaskan karena saya cuek banget ngerawat rambut, milih shampoo asal-asalan, saya gak pernah concern khasiat dari shampoo itu untuk apa, apa untuk ketombe, hair loss, hair fall, asalkan itu adalah shampoo, saya akan tetap pakai.

Mulai saat kuliah saya mulai peduli dengan kesehatan kulit dan rambut saya. Saya mengubah pola makan dan memperlakukan tubuh saya dengan sebaik-baiknya dengan cara merawat diri, mensyukuri apa yang telah dititipkan Allah kepada saya. Saya juga memakai produk hair care yang berbahan natural dan organik. Hasilnya rambut jadi lebih sehat dan lebih mudah diatur.

Itulah faktor-faktor utama yang menyebabkan hilangnya nutrisi rambut yang menyebabkan rambut menjadi mudah rusak. Jadi jangan sampai kita salah memilih produk perawatan rambut ya. Semoga informasi kali ini bermanfaat. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.