Indonesia Grocery Haul 29-05-2017

My Weekly Grocery Haul – Indonesia Version

HEALTH

Ini kali pertama saya membuat postingan tentang grocery haul. Selama ini saya sendiri beum tertarik sharing tentang belanjaan mingguan saya karena memang tidak terlalu banyak, berhubung memang saya sendiri adalah mahasiswa kosan. Tapi tidak ada salahnya untuk berbagi inspirasi tentang berbagai bahan makanan, yang insya Allah sehat, yang saya beli untuk mencover kebutuhan saya selama kurang lebih seminggu. Saya biasanya belanja di Supermarket Setiabudhi Bandung.

Minggu ini bahan makanan yang saya beli adalah

  1. Kale Organik (24.300)
  2. Kacang Hijau Organik 500 gr (29.000)
  3. Ketan Hitam Organik 500 gr (37.000)
  4. Gula Jawa Organik 250 gr (13.000)
  5. Unsweetened Soy Milk 1 liter (27.600)
  6. 2 ikat Kangkung Organik (17.600)

Kale Organik biasanya saya gunakan untuk membuat smoothie yang dicampur dengan pisang. Saya biasanya minum smoothie setiap pagi atau sebagai alternatif snack. Cara membuatnya sudah pernah saya share disini.

Kacangย  Hijau Organik dan Ketan Hitam Organik biasanya saya buatkan bubur untuk sarapan, karena memang praktis, hanya merebusnya di dalam air didih lalu masukkan gula jawa organik di akhir-akhir sebelum mematikan kompor dan disajikan dengan unsweetened soy milk sebagai pengganti santan.

Sedangkan kangkung saya konsumsi dengan cara membuat tumisan. Biasanya saya memasak langsung dua ikat kangkung tersebut dalam satu kali waktu, lalu menyimpannya di dalam kulkas menggunakan tupperware dan menutupnya dengan rapat. Saat ingin makan, sejam sebelumnya saya akan mengeluarkannya dari dalam kulkas agar sayur tidak dingin lagi, saya menghindari memanaskannya kembali agar nutrisi tidak hilang.

Persediaan makanan tersebut bisa untuk 4 hari. Berhubung bulan ramadhan, saat sahur saya biasanya minum segelas smoothie dan bubur kacang hijau atau bubur ketan hitam atau campuran keduanya. Lalu saat berbuka puasa saya mengonsumsi nasi dengan semangkuk kangkung. Kemarin saya masih ada sebungkus bihun yang belum dimasak, jadi saya juga memasak bihun goreng sebagai pendamping nasi dan kangkung. Saya usahakan porsi kangkung lebih banyak dari karbohidratnya.

Biasanya untuk ketan hitam dan kacang hijau, setiap malam saya sudah memasaknya terlebih dahulu dan disimpan di dalam kulkas, jadi saat sahur saya hanya perlu mengambil di dalam kulkas dan menambahkan soy milk saja.

Alhamdulillah, dalam empat hari tersebut saya bisa konsisten sahur dan berbuka dengan menu yang sudah dipersiapkan. Saya pun tidak direpotkan dalam hal memasak karena sudah melakukan meal prepping sebelumnya.

Semoga sharing kali ini bermanfaat ya, Selamat Berpuasa. ๐Ÿ™‚

2 thoughts on “My Weekly Grocery Haul – Indonesia Version”

  1. Keep grocery haulnya up ya. I like it. Soalnya juga lagi narget pola makan sehat tapi dasar cowok sering bingun mau makan apa. Grocery haulnya jadi ngebantu banget buat inspirasi

    1. Halo.. thank you yah untuk supportnya, insya Allah terus saya share kedepannya. Semoga terus keep on track dengan pola hidup sehat. ๐Ÿ™‚

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *