belajar-sbmptn-salah-jurusan

What I Learned During My Fourth Semester in SBM ITB

Personal

Balik lagi ke topik perkuliahan, saya pengen lanjut tentang tema perkuliahan per semesternya di SBM ITB, kali ini saya pengen bahas tentang apa aja mata kuliah yang ada di semester empat-nya.

Oke, langsung aja ya.

Pengambilan Keputusan

Nah, di mata kuliah ini kita kurang lebih belajar satistika sih, pengaplikasiannya contohnya saat kita menentukan lokasi tempat usaha yang paling tepat di antara banyak pilihan itu gimana, nah dari berbagai alternatif yang sudah terhimpun dalam bentuk data-data jarak, keramaian, jarak ke supplier, kita lakuin perhitungan sesuai metode statistik, lalu ketemu hasil dominannya, dan itulah yang menjadi acuan kita dalam pengambilan keputusan. Kedengerannya sederhana ya, tapi agak complicated karena statistik itu banyak metode, dan kadang ini yang bikin rumit.

Komunikasi Bisnis

Nah, seperti nama mata kuliahnya, disini kita bakal belajar bagaimana cara berkomunikasi dalam lingkup bisnis. Dimulai dari cara berbicara, mendesain visual presentasi yang menarik, cara bersikap, hingga cara berpakaian dalam lingkup pekerjaan juga diajarkan.

Pemasaran

Kalau disini, kita belajar tentang basic marketing itu seperti apa sih. Nah, mungkin bagi beberapa orang yang tertarik untuk mengambil konsentrasi marketing nantinya, di mata kuliah ini bisa sedikit tergambarkan apa yang akan kita hadapi nantinya. Overall, ini salah satu mata kuliah favorit saya di semester ini setelah komunikasi bisnis. Selain dosennya juga jago dibidangnya, saya ngerasa ilmunya dekat banget pengaplikasiannya ke bisnis kecil sekalipun.

Hukum dan Etika Bisnis

Nah, kalau ini, kita belajar tentang perhukuman dan etika dalam bisnis, detailnya berbagai peraturan-peraturan terkait yang harus kita tau sebagai pelaku bisnis agar tidak melanggar aturan yang berlaku, saya pribadi agak kurang “ngeuh” sih pas belajar ini, soalnya agak berat. Jadi rupanya bukan hanya anak hukum yang harus belajar beginian, jadi anak bisnis juga harus tau basic hukum yang berlaku di indonesia seperti apa. Nah masalah etika ini, kalau dosen saya bilang terkadang etika dan hukum kurang sejalan. Kenapa? kalau kita ingat kembali kasus lalu, menghukum seorang nenek yang mencuri dua atau tiga butir coklat rasanya kurang beretika, tapi di satu sisi, kalau hal ini tidak ditindak secara hukum, akan sangat mungkin muncul kasus-kasus serupa di kemudian hari, bingung kan? makanya kedua concern hukum dan etika ini digabung menjadi satu mata kuliah, supaya bisa menilik dari dua sisi.

Pengalaman Bisnis Terpadu I

Nah, untuk mata kuliah ini terbagi menjadi dua mata kuliah, di semester kelima kita akan menjumpai mata kuliah yang sama versi lanjutannya. Jadi mata kuliah ini menuntut mahasiswa untuk membangun bisnis, dari awal mengumpulkan ide bisnis sampai merealisasikannya dalam bentuk produk/service. Namun pada tahap I ini kita hanya sampai mengumpulkan ide dan memutuskan ingin mengambil bagian bisnis di bidang apa serta produk seperti apa, nantinya realisasinya ada di semester lanjutan. Aktivitas bisnis ini dihandle dalam bentuk kelompok, sekitar 15 orang yang terbagi menjadi beberapa divisi yang mostly sesuai dengan konsentrasi yang ingin di ambil kedepannya, seperti marketing, finance, dan operation. Jadi bisa sambil belajar sambil jalan.

Nah, jadi itu dulu ya sharing perkuliahan SBM di semester empat, sampai jumpa di semester selanjutnya. ๐Ÿ˜€

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.