the body shop tea tree cleansing wipes

Reasons Not to Use Facial Cleansing Wipes

Beauty Product Reviews

Sejujurnya, saya jarang sekali menggunakan Cleansing Wipes untuk sehari-hari. Saya biasa menggunakannya jika pulang sudah terlalu larut malam dan sudah tidak sanggup ke kamar mandi untuk sekedar membersihkan wajah. Namun, bisa dibilang ini sangat jarang sekali terjadi, walaupun telat pulang, saya tetap mengusahakan untuk membersihkan wajah saya dengan facial wash dan mengaplikasikan toner ke seluruh wajah setelahnya. Bagi saya, tidak masalah skip night cream, tapi kalau yang di skip adalah step cleansingnya, siap-siap aja besok nongol jerawat di wajah deh.

Setahun lalu memang saya sempat membeli cleansing wipes dari The Body Shop varian Tea Tree, namun sudah expired duluan karena jarang banget saya pakai, padahal sisanya masih banyak. Awalnya saya sayang-sayangan banget pakai wipesnya karena harganya tergolong mahal untuk ukuran cleansing wipes. Waktu itu saya beli seharga 89.000 dengan isi 25 lembar. Terus semenjak tau kalau wipes itu gak bagus untuk kulit, saya jadi makin jarang pakai, sebenarnya uda ada niatan untuk ngehabisin, kasian daripada mubazir, eh pas di cek lagi beberapa waktu lalu, rupanya produknya uda expired.

Jadi, kenapa cleansing wipes gak bagus untuk kulit?

Membersihkan tidak Menyeluruh

Biasanya orang-orang kalau uda pakai wipes, keseringannya gak basuh wajah pakai air lagi. Padahal sudah tentu kotoran atau make up di wajah tidak terangkat sempurna hanya dengan menggunakan wipes saja. Kalau saya mikirnya, selama wajah gak dibasuh sama air berarti kotoran itu gak terangkat maksimal, karena membersihkan dengan menggunakan wipes tidak bisa menjangkau sampai ke pori-pori kulit. Percaya atau gak, walaupun wajah uda di wipes sampai beberapa kali, tetap aja pasti ada kotoran yang masih tertinggal dan inilah yang menyebabkan kulit jadi breakout. Memakai cleansing wipes sama saja seperti mentransfer kotoran beserta bakteri ke area wajah yang lain, bukan  menghilangkannya. Selain itu, jika setelah menggunakan wipes Anda menggunakan rangkaian krim perawatan kulit lainnya, maka hasilnya tidak akan maksimal karena kotoran tersebut masih menyumbat pori-pori Anda sehingga menyebabkan terhambatnya penyerapan krim ke kulit,

Menyebabkan iritasi dan kering di kulit

Pada dasarnya, cleansing wipes mengandung bahan-bahan kimia untuk menjaga agar wipes tersebut tetap lembab dan awet sampai beberapa tahun. Karena itulah, kebanyakan wipes yang dijual di pasaran mengandung alkohol dan bahan pengawet dalam konsentrasi yang tinggi untuk menghindari tumbuhnya bakteri yang dapat merusak kualitas produk. Selain itu, wipes juga mengandung surfaktan yang sebetulnya tidak baik digunakan untuk kulit karena dapat mengiritasi kulit. surfaktan adalah salah satu bahan kimia yang sering terdapat di dalam detergen, fungsinya adalah untuk melarutkan kotoran yang melekat pada baju agar mudah diangkat. Hindari juga menggunakan wipes yang mengandung fragrance karena dapat mengiritasi kulit. Senatural apapun brand wipes yang Anda pakai, tetap saja untuk menjaga produk agar bertahan lama, biasanya produsen menggunakan bahan-bahan kimia untuk mengawetkannya dalam waktu lama.

Tak hanya facial cleansing wipes saja, produk wipes untuk bayi yang dijual di pasaran juga sepatutnya dihindari pemakaiannya terlalu sering. Kulit bayi yang sensitif, ditambah lagi kandungan bahan kimia yang tinggi dapat menyebabkan kulit bayi menjadi kering dan teriritasi. Akan lebih baik untuk menggunakan air setiap kali ingin mencuci wajah, tangan, dan bagian kulit lain untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Walaupun selama ini mungkin Anda tidak pernah bermasalah sama sekali ketika menggunakan wipes, pada dasarnya bahan kimia yang terkandung di dalam wipes akan terakumulasi terus menerus di dalam tubuh dan bisa menyebabkan munculnya berbagai efek samping di kemudian hari. Efeknya memang tidak dirasakan sekarang bagi Anda yang memang tidak memiliki kulit yang sensitif. Namun, jika memang Anda memiliki kulit sensitif, sebisa mungkin untuk mengindari menggunakan wipes dari awal.

Itu aja sharing kali ini, semoga bermanfaat yah. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *