4 Blogs I Read (Almost) Every Day

Hai, sudah lama saya tidak post apa-apa di blog. Saya gak kasih justify apapun, karena memang alasannya berupa perpaduan antara malas, kebiasaan menunda-nunda, stuck dengan topik yang bisa dibahas, atau kehabisan energi dengan rutinitas pekerjaan dan kehidupan sehari-hari.

Tapi di hari minggu yang kelabu ini, saya duduk bersila di lantai kamar sambil mendengar suara rintik hujan yang mulai mereda, mendorong diri untuk menulis apapun, atau mungkin bisa dibilang memulainya lagi.

Sejak bertahun-tahun yang lalu, baca blog orang memang hobby saya. Saya bisa melakukannya kapan saja, sebelum berangkat ke kantor, sebelum memulai kerja, atau di jam-jam sore kalau udah stuck gak bisa mikir, hehehe. Tapi paling sering adalah pagi hari, ketika saya baru selesai masak untuk menu makan hari itu, dan sudah mandi, serta tentu saja sudah menyeduh secangkir kopi di atas meja di samping komputer saya. Intinya adalah waktu efektif saya untuk membaca adalah ketika segala hal urusan domestik selesai, sehingga otak saya tidak terdistraksi dengan gangguan-gangguan kecil, seperti “duh belum nyuci piring”, “duh, laper”, “duh, gak semangat ah belom mandi”, hehehe, dan berbagai hal lainnya.

Diantara blog atau website yang sering saya baca beberapa tahun ini saya rangkum dibawah ini.

  1. Thefinancialdiet

TFD mungkin blog yang paling sering saya baca setiap harinya. seperti nama domainnya, blog ini memang banyak membahas tentang keuangan personal, namun tak hanya itu, mereka juga cukup sering mengangkat topik mengenai kesehatan, productivity, life story dari berbagai sudut pandang contributor, dan berbagai essay-essay menarik lainnya.

Yang saya senangi adalah cerita yang dituliskan memang diangkat dari sudut pandang penulis sendiri, dan contributor blog ini pun cukup banyak, sehingga untuk topik personal finance sendiri bahkan bisa diamati dan dinikmati dari sudut pandang yang bervariasi, karena tentu saja dikarenakan penulisnya berbeda-beda. Semua topik bisa dipastikan adalah riwayat pengalaman pribadi penulisnya sendiri. Karena itu, saya luar biasa senang membacanya, apalagi di pagi hari, bisa sangat menjadi mood booster untuk saya.

2. Harvard Business Review

Saya suka membaca artikel-artikel disana karena memang scientific-based, bahkan untuk artikel-artikel productivity pun mereka tetap melampirkan sumber valid mengenai berbagai fakta yang dikemukakan disana.

Saya paling suka membaca topik-topik Managing Yourself, Productivity, dan Work-Life Balance, disamping sesekali keep up dengan any corporate management issues yang mereka angkat.

3. Medium

Sama halnya dengan TFD, saya suka baca tulisan-tulisan di Medium karena memang platform ini didesain untuk menampung cerita untuk berbagai topik dan dari berbagai sudut pandang penulis.

Saya pada dasarnya senang membaca tulisan atau artikel yang panjang karena bagi saya itu mampu mewakilkan gambaran cerita lebih menyeluruh, dan tulisan-tulisan di Medium rasanya ditulis memang dengan begitu detail dan serius dari setiap penulisnya, tak terkecuali.

Topik yang diangkat pun sangat bervariasi, dari review buku-buku populer, personal development, politic, science, technology, dan berbagai tema lainnya. Kadang saya senang tiap buka blognya, selalu saja ada artikel menarik yang bisa menambah sudut pandang saya dalam memahami diri saya sendiri, orang lain, bahkan dunia dalam jangkauan lebih luasnya.

4. Greatmind

Saya nemu blog ini sekitar setahunan yang lalu. Pas nemu, saya langsung mikir “wah rupanya ada blog ginian dibuat oleh media lokal“. Menarik deh, Greatmind ini memang media yang mengeksplorasi berbagai persepektif orang yang di consider sebagai influencer dan memiliki record dengan jumlah following di sosial media yang signifikan untuk menceritakan tentang ide, aspirasi, dan berbagai penghayatan pribadi mereka terhadap berbagai topik kehidupan.

Dan senangnya lagi, saat kamu baca tulisan mereka satu per satu, kamu tau benar bahwa mereka menuliskannya dengan sungguh-sungguh berdasarkan hati nurani dan pemikiran mereka sendiri.

Dari keempat blog diatas, yang paling sering saya buka adalah Thefinancialdiet Kalau topiknya sedang kurang relate dengan saya, biasanya saya eksplor opsi selanjutnya dari medium dan HBR, sayangnya kedua blog ini terbatas sekali hanya bisa dibaca beberapa kali saja dalam sebulan untuk free member, jadi terkadang kalau udah stuck, saya biasanya tetap beralih ngambil buku di lemari, baca dan eksplor hal-hal baru atau mengingat poin-poin lama yang saya pernah dapatkan dari buku tersebut.

Kegiatan membaca itu hampir selalu menyenangkan bagi saya, selain nonton youtube dan netflix, tentu saja hehehe. Tapi dengan selalu meluangkan waktu untuk membaca setiap pagi rasanya seperti saya juga men-set pikiran saya bahwa memang hari sudah dimulai, dan dengan membaca itu bisa menjadi kopi kedua untuk pikiran dan mood saya setiap harinya.

Dari pengalaman saya baca apapun bertahun-tahun ini, saya akhirnya cukup sadar dan paham bahwa gak ada yang benar-benar saklek dan mutlak ‘harus’ dan ‘benar’ kalau segala sesuatu berasal dari buah pikiran manusia sendiri, karena memang cara berpikir orang bisa sangat berbeda-beda.

Kalau kita contohkan, ada yang bisa produktif di pagi hari, ada di yang di malam hari baru otaknya on, ada lagi yang menganggap waktu istirahat itu hanya di malam hari saja, tapi ada juga yang menganggap beberapa jam sekali kita harus kasih jeda untuk tubuh, semua benar-benar bervariasi.

Maka dari itu, saran saya, kritislah dan jangan ambil semua dan ditanamkan serta merta sepenuhnya di dalam kepala, karena bisa sangat overwhelming, baiknya kita juga jangan lupa untuk eksplor dan belajar mengenal dan melatih diri sendiri dengan banyak opsi, sehingga akhirnya tau mana yang paling cocok dengan hidup kita, dengan karakter kita, bahkan dengan keterbatasan yang kita miliki, begitu pun dengan apa yang kita miliki saat ini.

Terima kasih ya sudah membaca tulisan ini sampai selesai. Kalau kamu, adakah satu atau dua blog yang sedang sering kamu baca secara rutin?, boleh tulis di kolom komentar ya, bisa jadi referensi tambahan saya yang lain kalau lagi jenuh dan ingin membaca hal-hal baru. 🙂

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.